Pemda Matim Akan Siapkan Ruangan Media Center Untuk Para Kuli Tinta

60

BIDIKNEWS.id, Manggarai Timur– Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda Kabupataen Manggarai Timur mengajak media yang bertugas di  Matim untuk bersilaturahmi.

Tujuan dari kegiatan yang bertajuk “Bertemu Media” ini untuk sama-sama membangun Kabupaten Manggarai Timur ke arah yang lebih baik. Kegiatan yang berlangsung di  Rana Loba Coffe and house ini dihadiri oleh 22 awak media baik online maupun cetak, pada Jumat (19/02/2021).

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan  Jefrin Haryanto pada kesempatan itu menjelaskan, mitra strategis kami adalah teman-taman media. Kami sangat serius menginisiasi kegiatan ini karna kami percaya bahwa kami yang di bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan tidak bisa jalan sendiri tanpa peran dari teman-teman semua.

“Sejak awal kami tanamkan betapa peting peran dari teman-teman sekalian dalam membangun Kabupaten Manggarai Timur,” ungkap Jefrin.

Kata Jefrin, selama ini teman-teman tidak sedang terabaikan. Kami pastikan kepada teman-teman akan ada suasana baru, suasana kita bermitra, suasana kita berkomunikasi lalu akan berdampak pada distribusi informasi yang sehat dari tempat yang benar.

“Hal pertama yang saya minta ke Pa Sekda kemarin adalah ruangan untuk dijadikan media center untuk teman-teman media dan permintaan itu sudah dikabulkan oleh Pa Sekda sendiri. Saya berharap bahwa teman media dapat menempati ruangan tersebut,” jelasnya.

Kegiatan ini, lanjut Jefrin, akan menjdi kegiatan rutin setiap bulannya. Setiap bulan akan kita bertemu dan orang-orangnya pasti bergantian bisa Bupati, Wakil Bupati, Sekda, pimpinan OPD, pimpinan Bank, dan pimpinan Koperasi.

Semoga kegiatan ini, lanjutnya, dapat mencairkan suasana lalu kemudian bisa membentuk pertemanan yang akrab diantara kita supaya kita semua saling bertemu.

“Saya tahu betul bekerja di media itu susah-susah gampang kita harus dikejar dengan waktu juga berkejaran dengan suasana yang menjaga situasi. Maka suasana pertemanan itulah yang menjadi tujuan kita bersama. Kami menjaga teman-teman sekalian teman-teman juga harus menjaga kami dan jangan takut untuk mengingatkan kami,” ajaknya.

Sementara itu, Kasubag Dokumentasi Pimpinan Yeni Maria V.  Wajong menjelaskan, berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) 50 Tahun 2019 tentang kedudukan susunan organisasi tugas dan fungsi serta tata kerja sekretariat daerah. Humas protokol berubah namanya menjadi Protokol dan Komunikasi Pimpinan.

Perubahan Nomenklatur ini, kata dia, berpengaruh juga pada perubahan yang terjadi di dalam fungsi kerja. Sebelumnya kegiatan kehumasan itu dilaksanakan protokol. maka, lanjutnya, setelah Perbup ini keluar protokol dan komunikasi pimpinan hanya memfasilitasi kegiatan pimpinan daerah dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah. Jadi dia lebih dipersempit.

“Kalau sebelumnya semua informasi bisa didapatkan dari protokol humas maka sekarang lebih dipersempit tatarannya  dia lebih kepada Bupati, Wakil Bupati dan sekretaris daerah,” kata Jeni

Jeni menjelaskan, walaupun secara garis besar kegiatan Bupati dan Wakil Bupati adalah muara dari kegiatan yang dilaksanakan dari setiap OPD akan tetapi yang diurus atau difasilitasi di protokol dan komunikasi pimpinan hanya Bupati dan Wakil Bupati. Sedangkan, lanjutnya,  kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) semuanya sudah berada di Dinas Kominfo.

 

Laporan: Nardi Jaya