Pemda NTT Diminta Buka Sekolah Pertanian di Colol

90

BIDIKNEWS.id, Manggarai Timur— Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) diminta untuk membuka Sekolah Pertanian di Colol, Kecamatan Lamba Leda Timur, Kabupaten Manggarai Timur (Matim). Permintaan tersebut berdasarkan skala kebutuhan yang mana Kopi asli Matim dengan rasa istimewa itu sudah menjadi predikat nomor satu di Dunia.

“Kalau sumber daya alamnya sudah jadi nomor satu, sumber daya manusianya juga harus kita utamakan. Ini sangat penting supaya generasi Colol, Manggarai Timur bisa bersaing untuk mengelolah kopinya dengan baik,” kata Alexius Marianus Adu, salah satu tokoh pemerhati sosial di Kota Borong, saat diwawancarai Bidik News, Selasa (25/5/2021).

Ia menjelaskan, jika yang diprioritaskan Pemerintah saat ini hanya Sumber Daya Alam saja, maka suatu ketika Colol akan kehilangan identitas sebagai daerah penghasil kopi sebab generasinya tidak mampu mengelola hasil bumi di tanahnya sendiri.

“Sehingga tengkulak akan tumbuh subur. Banyak investor yang punya iming-iming besar mengeksploitasi kekayaan hasil bumi di Colol. Takutnya Generasi tidak mampu mengatasi hal itu nanti,” jelas Alumni Hukum Atmajaya Jakarta tersebut.

Selain itu, kata Adu, pemerintah juga harus menyiapkan sarana dan infrastruktur yang baik untuk menunjang aktifitas perekonomian di Colol.

“Saya tanya beberapa warga kemarin saat Kunjungan Gubernur di sana. Mereka mengeluh tahun ini kopi mengalami penurunan. Tidak berbuah. Pemerintah hadir dan harus mengatasi ini,” pungkasnya.

Ia berharap, Pemprov bisa memperhatikan hal ini demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Colol sekarang dan di masa yang akan datang.

Penulis/ Editor: Nardi Jaya