Pentingkah PAUD? Begini Ulasannya!

114
Foto: Google

BIDIKNEWS.id, Pendidikan merupakan aset yang sangat penting bagi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu setiap warga negara harus dan wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah maupun Pendidikan Tinggi.

Sebelum melihat lebih lanjut, kira-kira apa itu Pendidikan Anak Usia Dini? Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan dasar yang merupakan salah satu upaya pembinaan yang ditunjukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian ransangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasamani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal dan informal.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini sangatlah penting dalam kehidupan anak-anak bangsa sekarang ini. Karena dengan adanya PAUD ini mereka bisa belajar dari kecil, mereka belajar berbagai hal yang bisa mereka lakukan seperti, melatih menulis, membaca, bernyanyi dan sopan santun kepada orangtua dan sesama. Untuk itu bagi para orangtua di seluruh tanah air untuk selalu mendukung pendidikan anaknya. Berikan mereka semangat dan dukungan di setiap apa yang mereka lakukan. Berikan mereka keleluasaan untuk belajar dari sekarang ini dengan mengikuti sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Karena itu bekal untuk mereka saat masuk Sekolah Dasar (SD) nantinya.

Dan untuk kedua orangtua (Ayah dan Ibu), selalu berdoa dan yakinkan anak-anak bisa dalam hal apapun di sekolahnya. Apapun yang terjadi dengan mereka waktu mengikuti proses pembelajaran, ataupun mereka selalu rewel, sebagai orangtua tetap sabar, dan selalu mendukung mereka supaya tetap semangat.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ialah salah satu elemen yang sangat penting dalam kehidupan anak-anak. mereka bisa belajar berbagai hal yang bisa bermanfaat bagi orang banyak. pendidikan ini juga membantu perkembangan emosional dan intelektual anak, mengajarkan anak-anak nilai yang positif. Karena suasana sekolah PAUD yang ringan dan menyenangkan, secara tidak sadar anak-anak akan menangkap nilai penting yang terselip dalam kegiatan yang ada di PAUD. Mereka bisa mengerti tentang sopan santun dan tata krama dalam pendidikan anak usia dini, pengalaman selama mereka mengikuti pendidikan ini dapat memupuk kecerdasannya.

Tujuan utama Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini adalah untuk membentuk anak indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangan, sehingga memiliki kesiapan yang optimal didalam memasuki pendidikan dasar, serta mengarungi kehidupan setelah dewasa kelak.

Ciri-ciri dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang baik adalah sebagai berikut:

1. Anak-anak mengahabiskan hampir seluruh waktu mereka untuk bermain, baik membuat sesuatu dengan sendirinya ataupun bermain dengan temannya.

2. Anak diberi berbagai aktivitas sepanjang hari. Untuk itu, meminta jadwal kegiatan kelas sehari-hari juga penting sehingga orangtua dapat menilai apakah kegiatan di kelas membosankan atau tidak untuk anak.

3. Sarana dan prasaran juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Sebab itu nantinya akan menjadi penunjang pendidkan anak di PAUD tersebut.

Meskipun nantinya anak sudah mendapatkan pendidikan di PAUD, bukan berarti orangtua tidak perlu memberikan pendidikan lanjut di rumah. disarankan orangtua, khususnya Ibu untuk tetap mengawal pendidikan anak, dikarenakan Ibu memiliki peran sebagai pendidik utama bagi anak.

Penulis: Yustina Mimung (Mahasiswi UNIKA St. Paulus Ruteng)
Editor: Markus Kari

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
Prev 1 of 6 Next
Prev 1 of 6 Next