Peringatan Hari Kebudayaan Makassar, Kapus Paccerakkang Tekankan Budaya Sipakatau

104

BIDIKNEWS.id, Makassar - Tepat tanggal 1 April 2021 kemarin, Hari kebudayaan (Harbud) kota Makassar diselenggarakan, hajatan ini rutin digelar tiap tahunnya. Tahun 2021 ini merupakan tahun ke-3 penyelenggaraannya.

Meskipun tahun ini Kota Makassar belum terbebas dari pandemi CoViD-19, namun, Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto bersama jajarannya tetap menggelar peringatannya sesuai protokol kesehatan.

Di tempat yang lain, drg. Rafiqah, Kepala Puskesmas Paccerakkang Kelurahan Paccerakang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar juga menyelenggarakan peringatan yang sama, bahkan tak kalah menarik dengan hajatan besar yang diselenggarakan oleh Pemkot Makassar.

Bertempat di Puskesmas Paccerakkang, peringatan ini berlangsung ria, beberapa pegawai tampak hadir, diantaranya, dr. Arifuddin, Yanti, indrayani, Nirwana Pratiwi, Darmawati, Ernawati, Harmoni, Masyita Rani dan beberapa pegawai Puskesmas lainnya.

Kepada Bidik News, Kapus Paccerakkang berharap, dengan adanya peringatan yang ia lakukan bersama pegawainya ini dapat menghadirkan kecintaan terhadap adat dan budaya yang ada di Sulawesi Selatan.

"Kepada teman-teman saya agar cinta dengan budaya sendiri tak luput generasi muda, kedepannya bisa lebih mencintai adat yang ada di indonesia seperti pakaian adat, makanan tradisional, juga musik tradisional yang ada di Indonesia khususnya yang ada di Sulsel." Paparnya, Kamis, 1/4/2020.

Rafiqah juga berharap, semoga pemuda dan pemudi bisa lebih mengenal budaya sendiri ketimbang budaya modern. Untuk pegawainya, beliau mengingatkan budaya Sipakatau Sipakainga dan Sipakalebbi bisa menjadi pedoman dalam keseharian baik di tempat kerja maupun di rumah.

Falsafah ini ia tekankan, mengingat belakangan waktu ini, nilai adat dan budaya semakin tergeserkan oleh pengaruh pergaulan dan media sosial yang bahkan telah merasuk dan merambah generasi muda bangsa.

Laporan : Burhanuddin
Editor     : Redaktur Bidik News