Perkreditan Syari’ah Makassar, Solusi Kredit Syar’i yang menerapkan 100 Persen Sistem Syari’ah

7

Makassar, bidiknews.net
Di era industri 4,0 persaingan dunia usaha ekonomi semakin pesat, hal ini ditandai denga maju dan berkembangnya trend ekonomi baru yang berbasis elektronik yang semakin memanjakan pelanggannya. Terlepas dari hal tersebut, kemudahan ini juga membuka peluang merebaknya praktik praktik ribawi yang menurut prinsip seorang Muslim, merupkan dosa besar yang mesti dihindari.

Dari keresahan akan dampak merebaknya praktik ribawi yang menimpa kaum Muslimin, dibentuknya PT. Pilar Syariah Makassar, yang berkantor di Jl. Parumpa Ruko Pasar Grosir Daya Modern (Pagodam) Blok E1 No. 2 sebagai jawaban atas eksistensi iman seorang muslim; yaitu menghindari praktek ribawi sebagai bagian dari elemen yang harus ditinggalkan dalam penerapan konsekwensi Iman.

Merasa ini merupakan hak seorang Muslim yang harus saling menjaga izzah, dibentuklah PT. PSM oleh 5 orang Hamba Allah, Diantaranya; Muhammad Fihria Lessy, Nehru, Andi Umar, Muhammad Wahyudi dan Andi Panawa dari pertemuan kajian kajian Masjid.

PSM telah beroperasi lebih kurang 1,6 tahun, atau 3 periode, dengan hitungan 1 periode sama dengan 1 semester atau 6 bulan. Dan di setiap periode PSM Melakukan Rapat Umum Pembagian Saham (RUPS) bagi investor. menurut Direktur Utama PSM; Muhammad Wahyudi, Amd. Suka duka diakui ada dalam perintisan, namun PSM tetap aktif dan terus berkembang.

“Alhamdulillah PSM Masih aktif dan terus berkembang, walaupun suka duka dalam membangun pasti ada, tapi sejauh ini alhamdulillah aman aman saja” Ungkap Muhammad Wahyudi, Dirut PSM.

PSM telah memiliki lebih dari 500 nasabah yang tersebar di wilayah Makassar, Gowa dan Maros. Dirut PsM mengaku baru 3 daerah yang dibuka peluang untuk bermohon menjadi nasabah, karna jangkauannya masih terbatas. Ditanya mengenai pengajuan kredit luar daerah, PSM Masih mempertimangkan hal hal teknis lainnya.
“Kalau untuk luar daerah itu hanya kebijakan, itupun keluarga investor yang dijamin oleh investor” terang Wahyudi.

Ustadz, Muhammad Fihria Lessy, salah satu Founder sekaligus Investor PSM mengaku jika permintaan terus bertambah dari nasabah, bahkan hingga PSM berat melayani karena pertimbangan dana, hal itulah yang menjadi alasan dibukannya cabang di Kabupaten Gowa. tepat di Jl. Mustafa Dg Bunga, No. 13 Romang Polong, Paccinongan, Sungguminasa, Gowa.

Laporan; Redaksi