Pesan Pastor Moderator OMK PYGB Kalabahi di Hari Orang Muda Sedunia

61
Pastor Moderator OMK PYGB Kalabahi, Romo Mario Kosat.

BIDIKNEWS.id, Alor – Peringati Hari Orang Muda Sedunia ke-37, Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Yesus Gembala Yang Baik (PYGB) Kalabahi melakukan beberapa kegiatan bertempat di Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi (Stasi) Takalelang, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Sabtu-Minggu (19-20) November 2022.

Pastor Moderator OMK Paroki Yesus Gembala Yang Baik (PYGB) Kalabahi Romo Mario Kosat terlihat turut ikut mendampingi sekaligus memberikan materi kepada para peserta yang merupakan Orang Muda Katolik di beberapa sesi hingga kegiatan tersebut selesai.

Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain, Rekoleksi Pendalaman Iman Kristiani, Bina Akrab OMK untuk Perkenalan dan Sharing Pengalaman, Ibadah Meditasi Taize dan Autbound seperti melakukan jelajah alam bertema rohani di beberapa titik yang telah disiapkan.

Advertise

Rekoleksi dimaksud disini agar peserta ataupun Orang Muda Katolik yang ada di Pusat Paroki Yesus Gembala Yang Baik (PYGB) Kalabahi, Stasi Takalelang dan Stasi Mainang yang mengikuti kegiatan dimaksud agar dapat merenungkan betapa besar kasih Tuhan dengan merefleksikan tema Hari Orang Muda Sedunia yakni “Maria Bangkit dan Bergegas”.

Selanjutnya, Bina Akrab OMK juga diharapkan semua peserta dapat saling mengenal dan meningkatkan rasa keterikatan serta tanggung jawab untuk turut memiliki OMK.

Sementara Outbound dilakukan untuk menguji kekompakan peserta pada masing-masing kelompok dan melatih peserta untuk berpikir kritis. Tujuan akhir dari kegiatan ini yakni untuk mengambil satu Tujuan/Goal dari para Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Yesus Gembala Yang Baik (PYGB) Kalabahi setelah kegiatan memperingati Hari Orang Muda Sedunia ini berakhir.

Pantauan Media ini, terlihat pada Sabtu, 19 November 2022 malam di ruang kebaktian Stasi Takalelang, Romo Mario Kosat selaku Pastor Moderat OMK PYGB Kalabahi memberikan materi Rekoleksi kepada puluhan peserta para OMK dari Gereja Katolik Paroki Yesus Gembala Yang Baik (PYGB) Kalabahi, Stasi Takalelang dan Stasi Mainang sekaligus Bina Akrab OMK yang dipandu oleh Koordinator kegiatan tersebut.

Media ini kembali memantau kegiatan tersebut pada Minggu pagi yakni Ibadah Meditasi Taize. Dalam setiap momentum hari-hari raya besar umat Katolik, Ibadah ataupun Misa merupakan mutlak dilakukan. Kali ini, OMK PYGB Kalabahi dalam memperingati Hari Orang Muda Sedunia bertepatan dengan Misa pada Minggu 20 November 2022 yang dipimpin Romo Mario Kosat yang juga Pastor Moderator OMK PYGB Kalabahi. Ibadah dimaksud agar semua peserta dapat merenungkan diri masing-masing dalam menjalankan hubungan dengan Tuhan dan sesama serta mengaitkan dengan Ayat-Ayat Alkitab.

Dilanjutkan dengan sesi Outbound. Pada seisi ini, ada 6 titik sebagai tempat dilakukan kegiatan tersebut yakni dari halaman Gereja Katolik Santo Fransiskus Takalelang hingga di pantai dengan beberapa games ataupun permainan untuk mengetahui sejauh mana kekompakan dan kerjasama yang baik. Para peserta juga dibagi dalam beberapa tim dan kegiatan ini pun berjalan dengan hangat dan penuh sukacita.

Pastor Moderator OMK PYGB Kalabahi, Romo Mario Kosat dalam sebuah kesempatan menyampaikan, bertepatan dengan hari raya Kristus Raja Semesta Alam , Gereja Katolik secara universal merayakan Hari Orang Muda Sedunia (HOMS) yang ke 37 tahun 2022 dengan tema “Maria Yang Bangkit dan Bergegas”.

“Dalam hal ini, setelah mendengarkan kabar sukacita dari Malaikat Gabriel, Maria Bangkit dan Bergegas mengunjungi Elisabeth saudari-Nya. Dan perjumpaan ini yang dibuat dan kita laksanakan bersama dalam Hari Raya Orang Muda Sedunia ini dalam lingkup Paroki Yesus Gembala Yang Baik Kalabahi-Alor secara khususnya (OMK) Pusat Paroki, Stasi Mainang, Stasi Takalelang dan juga semua yang dibuat dalam Keuskupan maupun Gereja Katolik Universal yaitu bahwa Orang Muda Katolik Sedunia secara umum dan Paroki Yesus Gembala Yang Baik Kalabahi-Alor khususnya untuk membangun relasi, membangun kerjasama, membangun bina akrab yang kemudian saling mengenal lebih jauh satu sama lain,” kata Romo Rio panggilan akrabnya di sela-sela kegiatan berlangsung.

“Dan dari binaan ini, Orang Muda Katolik juga lebih membangun kekompakan dan kebersamaan untuk menjalankan program-program yang telah diusulkan dan dibuat dalam lingkup internal Stasi-Stasi maupun pusat Paroki,” lanjutnya.

Pastor Moderator OMK PYGB Kalabahi mengungkapkan bahwa telah tertanam dalam diri Orang Muda Katolik bahwa mereka adalah orang-orang muda Katolik yang ada masa dan waktu dimana mereka harus secara bersama-sama menjalankan program kerja yang telah dibuat dan disepakati secara bersama-sama.

“Mereka Orang Muda yang adalah tulang punggung Gereja Katolik yang mampu menunjukkan diri, mampu bergerak keluar, mampu bangkit dan bergegas untuk menjalankan program-program untuk menunjukkan jati diri sebagai Murid Kristus di Zaman ini,” tandasnya.

Romo Rio menambahkan, dalam hal sekecil ini yang Orang Muda Katolik lakukan dalam kebersamaan dan ketidakraguan, diharapkan untuk tidak malu-malu berbuat secara baik dan juga mampu menunjukkan Identitas diri yang sesungguhnya sebagai milik Kristus.

Ia juga berpesan kepada Orang Muda Katolik di lingkup Paroki Yesus Gembala Yang Baik (PYGB) Kalabahi dan Paroki-Paroki lainnya maupun Orang Muda lainnya dalam perayaan Hari Orang Muda Sedunia ini agar tetap saling berkomunikasi dan tetap bekerjasama dalam membangun Bangsa dan Negara maupun daerah masing-masing.

“Tetap mendukung satu sama lain untuk menunjukkan bahwa kami Orang-Orang Muda Katolik adalah Murid-Murid Kristus pada Zaman ini yang berani mewartakan Injil, berani bersuara tentang kebenaran, tentang keadilan lewat tingkah laku, tutur kata dan perbuatan dalam panggilan tugas hidup masing-masing,” pesan Pastor Moderator OMK PYGB Kalabahi.

Ketua OMK PYGB Kalabahi, Florianus Buang.

Ketua Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Yesus Gembala Yang Baik (PYGB) Kalabahi, Florianus Buang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pastor Moderator OMK PYGB Kalabahi, OMK Stasi Takalelang dan seluruh pihak yang sudah dengan kerjasama dalam kebersamaan guna menyukseskan kegiatan memperingati Hari Orang Muda Sedunia.

Selanjutnya, Guru SMA Katolik St. Yoseph Kalabahi ini mengajak Orang-Orang Muda untuk berkreativitas dan berinovasi. Sebab kata Dia, seperti yang disampaikan Romo Mario Kosat bahwa Orang Muda adalah Tulang Punggung Gereja, Bangsa dan Negara. Sehingga Ia meminta dukungan dari semua pihak khususnya para orangtua untuk terus ikut membimbing dan memberikan arahan jika terdapat kekeliruan dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil.

“Dalam kebersamaan OMK PYGB Kalabahi juga kami tidak bisa berjalan sendiri dalam perkembangan zaman yang semakin maju. Tantangannya semakin besar. Maka Iman kita orang (muda) Katolik harus semakin kuat dalam menghadapi zaman ini,” kata Florianus.

“Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan dukungan dari Pastor Moderator (OMK PYGB Kalabahi) dan Bapak Mama semua. Sehingga dalam perjalanan kami, ada hal-hal yang kami keliru, yang kami salah, kami mohon dengan rendah hati Pastor Moderator dan Bapak Mama semua tolong tegur kami, panggil kami, jangan diam lihat kami tersesat,” pinta Ketua OMK PYGB Kalabahi Florianus Buang.

Laporan/Editor: Markus Kari