Polres Nganjuk Gelar Trauma Healing dan Rapid Test Untuk Korban Tanah Longsor

36

BIDIKNEWS.id, Nganjuk- Anggota Polres Nganjuk menggelar trauma healing untuk korban tanah longsor, khususnya anak-anak di posko pengungsian Gedung SDN Ngetos III, Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu 17 Februari 2021.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko, saat dikonfirmasi Bidik News, Minggu (21/2/2021) siang, mengatakan, kegiatan dimaksud bertujuan
untuk membantu mengembalikan trauma bagi korban tanah longsor.

"Trauma healing merupakan proses penyembuhan pascatrauma yang dilakukan agar seseorang dapat terus melanjutkan hidupnya tanpa bayang-bayang kejadian tersebut," ucap Gatot.

Sebelumya, Anggota Polres Nganjuk melakukan maping korban tanah longsor, yang jumlahnya 139 orang dengan rincian, bayi sebanyak 3 orang, balita 11 orang, anak-anak 13 orang, remaja 17 orang, dewasa 55 orang dan lansia sebanyak 34 orang.

Dari kegiatan tersebut, pihaknya berharap para korban bisa mengembalikan stabilitas mental dan emosional pasca bencana longsor yang menimpa wilayah Ngetos, Nganjuk, belum lama ini.

Selain trauma healing, Anggota Polres Nganjuk juga melakukan rapid test kepada korban longsor, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Posko pengungsian.

"Hasilnya, 17 orang dinyatakan reaktif. Setelah dilakukan swab test, satu orang dinyatakan positif Covid-19, sedangkan 5 orang lain, hasilnya belum keluar," ujar Gatot.

Petugas, terang Dia, akhirnya memilah pengungsi yang rapid testnya positif dan negatif. "Untuk mereka yang positif saat ini sudah dirawat di Rumah Sakit, sedangkan mereka yang reaktif tidak dicampur dengan yang lain," pungkasnya.

Laporan: Biro Jatim_Kusno Lindu Aji