Progres Pembangunan Jalan Tol Layang A.P Pettarani Capai 99,2 Persen

25

BIDIKNEWS.id, Makassar – Tidak lama lagi masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya Makassar akan mempunyai ikon baru kebanggaan kota yang mendukung sistem perekonomian dan mobilitas melalui pembangunan infrastruktur daerah.

Pembangunan Jalan Tol Layang A.P. Pettarani, Makassar yang merupakan investasi dari PT Margautama Nusantara (MUN) melalui anak usahanya PT Bosowa Marga Nusantara (BMN) telah memasuki tahap akhir dan akan segera dioperasikan di tahun ini.

Tol Layang Pettarani Makassar

Sampai dengan akhir September 2020, progres pembangunan proyek untuk konstruksi Jalan Tol Layang telah mencapai 99,22%. Hanya tersisa pekerjaan minor dan perapihan yang sedang dikerjakan meliputi marka jalan, pipa drainase, penerangan jalan, perambuan dan expansion joint. Keseluruhan pekerjaan minor ini akan selesai pada 30 September 2020.

Advertise

Baca Juga

Sedangkan pekerjaan pengembalian kondisi Jalan A.P. Pettarani eksisting progresnya telah mencapai 39,28% dan direncanakan selesai pada akhir Desember 2020. Pengembalian kondisi Jalan A.P. Pettarani berupa pengaspalan, pembersihan drainase, pembangunan pedestrian dan penyediaan lajur sepeda.

Sehingga nantinya kondisi Jalan A.P. Pettarani akan lebih ramah bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Persetujuan desain dan uji beban jembatan juga telah dilaksanakan pada Bulan Agustus 2020 dan telah disetujui melalui rekomendasi yang diterbitkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Selanjutnya akan dilakukan uji laik fungsi sebelum masa operasional yang direncanakan akan dilakukan pada awal bulan Oktober 2020 oleh Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan. Setelah tahapan ini selesai, masyarakat Makassar dapat secara langsung merasakan manfaat dari jalan tol layang pertama di luar Pulau Jawa tersebut. (*)

Sumber: Rilis Dinas PUPR Sulsel

Editor: Ahmad Rusli