News  

PSHT Magetan Galang Dana untuk Korban Bencana

BIDIKNEWS.id, Magetan – Ratusan anggota Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Magetan Jawa Timur menggelar aksi solidaritas penggalangan dana untuk korban longsor di Kabupaten Magetan, Minggu (21/3/2021).

Aksi yang digelar dengan cara dibagi di sejumlah sudut  jalan Raya Solo-Maospati tepatanya di depan Terminal Mospati Kabupaten Kabupaten ini sebagai aksi sosial kepedulian kemanusiaan, untuk korban bencana longsor yang mengakibatkan puluhan jiwa terpaksa tinggal di barak pengungsian.

Dalam aksinya mereka membawa sejumlah kotak kardus untuk menerima sumbangan para pengguna jalan. Mereka menggelar aksi penggalangan dana itu di depan terminal bus Maospati. Rencananya, anggaran yang terkumpul dalam aksi itu, akan dikirim untuk korban bencana longsor.

Salah seorang peserta aksi penggalangan dana, Juri, didampingi penasehat Korlap Mbh Wagiman beserta jajarannya mengaku merasa tergugah untuk terlibat dalam aksi kemanusiaan itu. Dia mengaku usai mendapatkan himbauan dari Koodinator Lapangan (Korlap) PSHT Cabang Magetan. dirinya langsung berusaha ikut terjun langsung dengan meninggalkan aktifitasnya sebagai anak muda.

“Semalam mendapat informasi dari teman-teman, jika Korlap PSHT Cabang Magetan akan menggelar aksi penggalagan dana kemanusiaan untuk korban bencana longsor. Kami langsung terjun ke jalan dan mengambil lokasi di terminal bus jalan raya Solo-Maospati  bersama sekitar 200 teman lainnya.

Teman-teman  mendukung rencana ini karena berdampak positif untuk menggali rasa kemanusian terhadap sesama,” terangnya kepada wartawan, Minggu (21/3/2021).

Hal senada disampaikan senior PSHT Cabang Magetan, Wagiman. Menurutnya, aksi yang dilakukan teman-teman PSHT tersebut merupakan aksi keprihatinan terhadap bencana alam dan musibah yang dialami saudara-saudara di Magetan karena bencana alam

“Hari ini kami arahkan teman-teman untuk melakukan aksi positif. Agar pendekar tidak hanya dicap sebagai jago berkelahi. Kami juga tergugah untuk saling merasakan bencana seperti misi kami dan teman-teman rela meluangkan waktu untuk menggelar aksi kepedulian kemanusiaan ini,” imbuhnya.

Sementara Korlap Maospati Arip, Aksi Penggalangan Dana Kemanusiaan Korban Bencana Alam PSHT Cabang Magetan, Arip menegaskan jika aksi ini murni untuk para korban kemanusiaan bencana longsor. “Hasil dari penggalangan dana akan disalurkan ke saudara-saudara kita yang terkena dampak longsor. Selama sekitar 3 jam teman-teman berhasil menggalang dana dari para pengguna jalan sebanyak Rp 4,155 juta,” paparnya.

Sedangkan peserta aksi lainnya, Arip mengungkapkan aksi kemanusiaan ini akan terus diberlakukan sampai ada himbauan dari Cabang dan tetap mematuhi protokol kesehatan

“Hari penggalangan dana untuk korban longsor yang diikuti sekitar 200 warga PSHT Baik Magetan dan Maospati,” pungkasnya.

Laporan: Biro_Jatim_ Kuswanto/Riyan