Rapat Penyelesaian Lahan Rencana Pembangunan Puskesmas Rawat Inap Kayang Telurkan Kesepakatan

111

Alor, bidiknews.net – Rapat Penyelesaian Lahan Rencana Pembangunan Puskesmas Rawat Inap di Desa Kayang, Kecamatan Pantar Barat Laut, Alor berlangsung khidmat dan damai di Kantor Desa Kayang pada Senin, (10/02/2020).

Sebagaimana desas desus yang beredar, lokasi yang terletak di sebelahan Puskesmas Desa Kayang, yang juga bersampingan Kantor Desa dan Lapangan, belum kelar persoalan kepemilikan Pemerintah Desa. Hal ini ditandai dengan pesan pesan berantai yang diterima Masyarakat Desa Kayang soal status tanah dimaksud.

Diketahui, ada Masyarakat yang mempertanyakan soal Kepemilikan lahan tersebut, oleh karenanya, Kepala Desa Kayang membuat Rapat dengar pendapat dengan memanggil pihak pihak terkait lahan ini, peserta yang hadir diantaranya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Keperempuanan, Tokoh Kepemudaan dan Pemilik Lahan.

Advertise

Baca Juga

Pemilik Lahan rencana Pembangunan ini, diketahui bernama Alm. Mau Holong, Bapak dari Alm. Basri (Bei) Holong, yang juga sebagai Ahli Waris dari orang tuanya. Namun, ternyata tanah ini sudah terlebih dahulu, oleh Bapak dari Mau Holong pun telah terjadi Tukar Guling sekitar tahun 1960an yang lalu.

Sebelumnya, pesan pesan yang beredar, bahwa lahan tersebut adalah tanah wakaf, tanah hibah dan lainnya, oleh karena ketidak sesuaian informasi tersebut, Kepala Desa sigap lakukan pertemuan soal lahan tersebut, dan pada saat rapat inilah diketahui, lahan ini ternyata tukar guling, bukan wakaf dan atau Hibah.

Lahan yang menjadi tukar guling adalah Rumah Bapak Basri (Bei) Holong sekarang, yang terletak persis di belakang Rumah Bapak Nuhun Musa, di RT 02 RW 01 Dusun 1 Desa Kayang. Hal ini dipaparkan langsung oleh Bapak Nuhun Musa, yang juga adalah sebagai Ahli Waris dari Orang tua yang lakukan transaksi tukar guling pada puluhan tahun lalu tersebut.

Redaksi Bidik News