Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus Mengikuti Khitan Gratis

79

BIDIKNEWS.id, Sidoarjo – Dengan menerapkan protokol kesehatan (Protkes), NH Sidoarjo mengadakan Khitan Ceria Spesial, Khitan gratis untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Kegiatan yang diselenggarakan kemarin pagi (13/12/2020), telah diikuti lebih dari 30 anak berkebutuhan khusus, yaitu anak-anak penderita down syndrom dan autis.

Bekerjasama dengan Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI), acara ini bertujuan menjalankan syariat Islam agar mereka lebih bersih dan suci saat beribadah. Dengan itu, orang tua lebih semangat untuk mengajak anak-anak mereka untuk menjalankan ibadah khususnya sholat.

Selain itu, Khitan ini menggunakan metode smart klamp. Sehingga para peserta bisa beraktifitas kembali seperti biasanya walau setelah dikhitan. Lalu kurang lebih lima hari klamp akan lepas.

Advertise

Lebih dari 150 anak yang mengikuti Khitan Ceria Spesial ini. Acara pertama pada 29 Desember 2019 dengan jumlah peserta khitan 30 anak. Acara kedua digelar pada 16 Februari 2020 dengan jumlah peserta khitan 24 anak. Sedang, acara ketiga digelar pada 30 Juni 2020 dengan jumlah peserta khitan 57 anak.

“Awalnya kuatir sekali dengan proses khitan dan perawatannya. Alhamdulillah menjadi yakin dan siap setelah konsultasi dengan tim dokter. Ungkap Hidayatai, salah satu orang tua peserta khitan.

Pada saat proses khitan, tim penyelenggara dan dokter sangat sigap, sangat membantu dan telaten menunggu kesiapan ananda dan orang tua.

“Alhamdulillah kami merasa sangat bersyukur, semoga ananda segera pulih dan kami mengucapkan jazakallahu khairan kepada semua yang terlibat.” Tambah Hidayati.

Banyak orang tua mereka yang tidak memperdulikan anaknya sudah dikhitan apa belum. Karena merasa sang anak berbeda dengan lainnya, padahal menurut aspek syariat maupun kesehatan itu hal yang penting. Akibatnya beberapa peserta acara ini ada yang berumur 15 tahun bahkan ada yang berumur 23 tahun.

Selain alasan berbeda seperti anak-anak normal lainnya. Anak berkebutuhan khusus, harus ditangani oleh dokter khusus juga. Yang terkadang harganya tidak terjangkau buat mereka. Sehingga acara ini sangat membantu sekali buat orang tua anak-anak berkebutuhan khusus.

Laporan : Biro Jatim_Kusno/Andre
Editor : Redaktur Bidik News