Ratusan Pengacara dan 4 Organisasi PERS siap kawal kasus Sya’ban Sartono Leky

289

Makassar, bidiknews.net – Kriminalisasi yang dialami oleh Sya’ban Sartono Leky, wartawan yang meliput kegiatan Toko Bintang saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) adalah satu dari sekian banyak kasus kekerasan terhadap jurnalis di tanah air.

Peristiwa naas yang dialami Sya’ban Sartono Leky pada Sabtu, 24/04/2020 di Toko Bintang beberapa waktu lalu mendapat perhatian dari berbagai pihak, baik Lawyer, Lembaga Independen, LSM bahkan dari organisasi Kewartawanan.

Diantara Lembaga yang mendukung dan nyatakan sikap siap mengawal kasus ini adalah; Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusiawi Republik Indonesia (BAIN HAM RI), hal ini dibuktikan dengan penandatanganan kuasa yang diberikan beberapa Lawyer dari lembaga ini.

Advertise

Baca Juga

Sedangkan LSM yang ikut partisipasi mengawal kasus ini adalah LSM Insani, melalui ketua Umumnya Natsir Ago mengutuk keras dan menyatakan siapkan ratusan pengacara untuk mengawal kasus ini.
“Kami kutuk keras, kami tidak main main, ratusan pengacara kami siapkan untuk mengawal persoalan ini”, tegas Natsir.

Tak kalah juga dengan yang lain, beberapa Organisasi Wartawan ikut partisipasi, bahkan melalui Jurnalis Online Indonesia (JOIN) kota Makassar melaporkan William, pelaku yang saat bersama terlapor, mengatakan diri bagian dari JOIN Makassar.

Konyolnya, beliau mengaku Anggota JOIN Makassar di hadapan pengurus Bagian Hukum dan Advokasi JOIN Makassar, hal ini dinilai mencederai nama Organisasi, apalagi dilakukan saat melakukan dugaan pengancaman,

Hisbullah Salobyang Ketua III JOIN Kota Makassar juga menegaskan, William bukan anggota dan tidak pernah menjadi bagian pengurus JOIN.

‘’Satu kesalahan besar jika dia (William) membawa-bawa nama JOIN untuk menghalang-halangi kerja Jurnalis,” tegas Hisbullah.

Selain JOIN Makassar, 3 organisasi Wartawan lainnya juga ikut nyatakan sikap siap mendampingi Sya’ban Sartono Leky. Diantaranya Institut Jurnalis Kemanusiaan (IJuK), Serikat Wartawan Media Online Republik Indonesia (SEKAT-RI), Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO).

Redaksi Bidik News