Refleksi Hari Guru Nasional, Kadis Teto Apresiasi Kinerja Guru di Tengah Terpaan Badai Pandemi

49

BIDIKNEWS.id, Manggarai Timur- Hari Guru Nasional (HGN) yang setiap tahunnya diperingati pada 25 November, kali ini diperingati dengan suasana yang tentunya teramat berbeda.

25 November 2020, HGN diperingati dalam kondisi pandemi Covid-19. Virus tersebut masih menyelimuti dan menjadi ‘hantu’ kesehatan yang menakutkan bagi warga Indonesia dan bahkan dunia.

Refleksi Hari Guru Nasional dan wabah virus corona pun tak bisa dielakan. Banyak yang berubah dari proses belajar mengajar, cara mendidik, bahkan dalam memperingati jasa para guru, pahlawan tanpa tanda jasa itu.

Advertise

Basilius Teto, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Timur saat ditemui Bidik News di Ruang kerjanya, Rabu (25/11) mengapresiasi segala pencapaian yang diraih para guru, khususnya di Daerah Matim. Ia menyebutkan, jasa Guru sangat luar biasa dalam membentuk nalar intelek peserta didik di Manggarai Timur.

"Itu terbukti dari prestasi yang diraih para peserta didik selama ini di Manggarai Timur. Belum lama ini, kita mengadakan perlombahan tingkat Kabupaten, tingkat provinsi bahkan sampe tingkat Nasional. Anak-anak sangat luar biasa meskipun banyak keterbatasan proses belajar mereka di tengah pandemi Covid-19," tandas Teto.

Itu semua, kata Dia, berkat perjuangan para Guru yang rela dor to dor memberikan pelajaran anak-anak di rumah selama masa pandemi. "Memang saat ini proses belajar mereka sudah kembali di Kelas. Akan tetapi, tidak mengabaikan protokol kesehatan 3 M. (Mencuci tangan, memakai Masker, menjaga jarak)," ujar Mantan Kadis Koprindag dan UKM Matim tersebut.

Ia berharap, para Guru tetap menjaga kualitas sebagai tokoh pendidik yang berkarakter, integritas dan berinovatif membentuk kaum intelektual mempersiapkan generasi emas indonesia tahun 2045.

Penulis: Nardi Jaya