Sadis! 6 Warga Termasuk Janda Terdampak Seroja di Desa Kaleb (Alor) Belum Terima DTH

129
Rumah warga terdampak Bencana Siklon Tropis Seroja kategori rusak berat (tersapu rata banjir bandang) secara swadaya di Urbir.

BIDIKNEWS.id, Alor - Sebanyak 6 warga terdampak Bencana Siklon Tropis Seroja 4 April 2021 di Desa Kaleb, Kecamatan Pantar Timur, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur belum mendapatkan Dana Tunggu Hunian (DTH) permanen dari Pemerintah Pusat sejumlah 500.000 selama 3 bulan sambul menunggu selesainya pembangunan rumah rakyat yang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui PT. PP.

Dana Tunggu Hunian (DTH) merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui BNPB untuk masyarakat NTT yang berdampak Bencana Siklon Tropis Seroja yang rumahnya terkategori rusak total.

Saat ditemui di lokasi tempat tinggal sementara di Urbir yang juga tempat relokasi rumah warga Desa Kaleb, salah satu warga terdampak Bencana Siklon Tropis Seroja mengaku belum mendapatkan bantuan tersebut.

"Kita 6 orang (terdampak Badai Seroja) ini tidak dapat, tidak ada nama," katanya kepada Bidik News, Selasa (14/12/2021) di Urbir.

Dia melanjutkan, hal tersebut telah disampaikan ke Pemerintah Desa Kaleb dan Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Alor hingga kini belum terjawab. Sementara warga lainnya yang juga terdampak Bencana Siklon Tropis Seroja telah menerima Dana Tunggu Hunian sebesar 500.000 per bulan.

"Baru-baru ini kita naik (sampaikan) di bencana (BPBD) ini bilang nanti diatur oleh Kepala Desa, ini yang sampai sekarang ba belum ni. Yang lain dorang (warga) terima Buku ATM tapi kita yang rumah tidak ada (terbawa banjir bandang) ini nama tidak ada, uangnya tidak dapat," ungkapnya.

"Saya nih Janda lagi, kita mau harap apa? Semua barang sudah di laut," katanya lagi dengan nada sedih.

Kepala Desa Kaleb, Onesius Tuati saat dikonfirmasi Bidik News tidak menjawab panggilan melalui telepon seluler.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Alor hingga berita ini ditayang, Bidik News belum berhasil mengkonfirmasi.

Pantauan awak media, warga terdampak Bencana Siklon Tropis Seroja dengan kategori rumah rusak berat (tersapu rata banjir Bandang) yang telah membangun rumah secara swadaya di Urbir, Desa Kaleb mengalami krisis atau kesusahan air bersih.

Laporan: Markus Kari
Editor: Markus Kari