Sambut Muharram, KPS Bukit Tamalate bersihkan “Sumur Besar”, Situs Sejarah yang terabaikan

64

Gowa, bidiknews.id – Dalam menyambut tahun baru Islam, dan sebagai bentuk perhatian terhadap situs situs bersejarah, Komunitas Pemerhati Sejarah (KPS) Bukit Tamalate bikin gebrakan pembersihan “Sumur Besar” Bungung Lompoa yang terletak di Kelurahan Katangka, Somba Opu, Gowa. Kamis, 20/08/2020.

Sumur tua bersejarah yang merupakan sumber air eks Kerajaan Tamalate ini, lama tak dihiraukan Pemerintah, bahkan soal kebersihannya saja terabaikan. Padahal sumur ini biasa digunakan tokoh adat dan Kerajaan untuk pencucian benda benda Pusaka bersejarah di Gowa.

“Dalam menyambut tahun baru Islam ini, kami dari KPS Bukit Tamalate sebagai bentuk peduli terhadap situs sejarah yg pernah ditorehkan oleh para leluhur kami, kami bersihkan,” Ungkap Mukhkis, salah satu pengurus KPS Bukit Tamalate.

Advertise

Baca Juga

Pembersihan ini dibantu oleh Masyarakat sekitar sebagai bentuk kepeduliannya. Mereka juga berpesan agar pemerintah memberikan perhatiannya terhadap peninggalan sejarah. Masyarakat mengaku heran Lantaran Sumur Tua ini belum diakui oleh Pemerintah sebagai situs sejarah.

Salah seorang warga, kepada bidiknews.id mempertegas langkah langkah konkrit yang harus ditempuh oleh KPS Bukit Tamalate dalam mengawal situs bersejarah ini sampai pada pengakuan dan perhatian pemerintah.

“Dipertegas saja bahwa kita butuh perhatian. Apalagi disini sering banjir. Kalau banjir kotor sekali. Kita mau perhatian pemerintah. Kita butuh itu, kita mau kepastian saja.” Tegas salah seorang warga.

Redaktur Bidik News