Sebagai Pemateri LK II HMI Alor, Kabid LH PB HMI Preteli Pikiran Mahasiswa

6
Kalabahi, bidiknews.net
Ketua Bidang Lingkungan Hidup  Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI); Abdul Robbi Syahrir menyempatkan hadir di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam agenda membawakan materi “Mission HMI” pada Intermediate Training/Latihan Kader II HMI Alor, pada Ahad, 31/03/19.
Dengan sub tema “Reinterpretasi misi HMI dalam menjawab tantangan zaman di era digital” beliau menyinggung konsep berfikir Mahasiswa yang masih sangat lamban. Putra asal Bima ini juga mengupas beberapa kebohongan sejarah yang menurutnya sudah terlanjur terkonsepkan dalam historis perjalanan bangsa indonesia. Diantara yang sempat disinggung adalah soal peradaban, yang menurutnya peradaban indonesia itu bukan dimulai dari Piagam Jakarta tapi sudah ada sejak masa kerajaan dauhulu. Bahkan perangkat perangkat negara serta hukum perundang undanganpun sudah ada sejak lama.
Masih menurut Robbi, konsep kedaulatan negara Indonesia sudah menjadi tradisi dan adat kerajaan kerajaan tua di Nusantara, bukan hasil dikte dari konsep kenegaraan bangsa lain.
“Kita seolah dibawa pada sejarah bahwa peradaban kita ini hasil jiplakan bangsa lain, padahal ini adalah hasil cipta karya kita dari kerajaan tua dulu, yaitu Nusantara lama”.
Tujuan dan target dari kegiatan ini adalah diharapkan setiap peserta memiliki kesadaran intelektual yang kritis, dinamis, progresif dan  inovatif dalam memperjuangkan misi HMI. Selain itu, juga agar Mahasiswa atau aktivis HMI Alor memiliki kemampuan dalam menejerial Organisasi.
Jumlah peserta yang ikut pada kegiatan ini 30 orang dari 8 cabang yang tersebar di seluruh indonesia. Diantaranya; HMI Cabang Alor, HMI Cabang Makassar, HMI Cabang Malang, HMI Cabang Bima, HMI Cabang Ende, HMI Cabang Bau bau, HMI Cabang Kupang dan HMI Cabang Selong.