Segera reset deretan Aplikasi ini, untuk Keamanan data Ponsel Anda

235

Jakarta, bidiknews.net – Dilansir dari CNBC Indonesia Pengguna Android telah diperingatkan untuk menghapus 116 aplikasi yang telah ditunggangi oleh perangkat lunak berbahaya alias malware.

Android sejauh ini merupakan sistem operasi seluler paling populer dengan lebih dari 2,5 miliar pengguna. Itu menjadikannya target utama bagi pihak ketiga jahat yang ingin menginfeksi perangkat di seluruh dunia dengan malware.

Baru-baru ini, tim di Barracuda Security menemukan hampir 200 aplikasi yang berisi adware atau kombinasi izin perangkat yang mencurigakan. Dan sekarang perusahaan keamanan siber ternama White Ops telah mengidentifikasi 116 aplikasi dengan lebih dari 4,6 juta unduhan yang diklaim melakukan penipuan iklan.

Advertise

Baca Juga

Perusahaan mengatakan aplikasi itu meningkatkan jenis kode yang dijuluki Soraka dan varian serupa bernama Sogo. Singkatnya, kode ini memungkinkan program yang dimaksud untuk menampilkan iklan melalui perangkat Android dalam keadaan tertentu.

White Ops melakukan penyelaman mendalam ke salah satu aplikasi yang dipertanyakan yang masih ada di Google Play Store pada saat penulisan, Best Fortune Explorer. Aplikasi ini sepertinya merupakan premis yang menggiurkan jika dilihat sekilas tetapi kenyataannya sangatlah menyebalkan karena tidak bisa digunakan.

Aplikasi ini dicatat untuk memanfaatkan kerangka kerja yang disebut AppsFlyer yang digunakan untuk analisis atribusi dan pemasaran seluler. Menurut perusahaan keamanan, jika Anda mengunduh aplikasi melalui segala jenis promosi (misalnya di situs web), maka iklan yang mengganggu akan mengganggu perangkat tersebut.

White Ops menunjukkan GIF tentang promosi yang membuat frustrasi saat beraksi. Best Fortune Explorer diperlihatkan mampu menampilkan iklan layar penuh (berlangsung hingga 20 detik dalam beberapa keadaan) di atas layar beranda pengguna.

Semua aplikasi yang ditemukan dicatat untuk menunjukkan perilaku yang sama. Adware yang digunakan tercatat mampu bersembunyi, membuatnya lebih sulit untuk dideteksi oleh aplikasi yang dirancang untuk membasmi malware seperti VirusTotal.

“Perilaku persembunyian itu penting. Para penipu semakin pintar dan mereka tahu ini sekarang perlombaan senjata, mereka mencoba memperlambat analisis dengan taktik ini. Kami melihat perilaku semacam ini semakin banyak,” kata pengacara John Laycock dari White Ops kepada Forbes.

Dia pun menyarankan agar Anda hanya perlu membaca ulasan Best Fortune Explorer untuk melihat ada sesuatu yang salah dengan aplikasi tersebut atau tidak. Banyak komentar dicatat setelah menginstalnya, ponsel mereka telah dibebani dengan iklan yang mengganggu.

“Sama sekali tidak berguna. Setelah menginstal, Anda mendapatkan begitu banyak iklan yang tidak perlu. Saat menulis ini juga, saya mendapat 4 iklan. Ini seperti virus untuk ponsel Anda,” kata seorang pengguna Android.

Sementara pengguna lainnya juga berkomentar agar jangan mengunduhnya. Ini hanya membuat masalah baru karena tidak akan bisa digunakan.

“Jangan mengunduhnya. Anda hanya akan waktu berlalu. Dan masalah utama setelah pengunduhan adalah Anda akan mendapatkan penambahan dan penambahan tanpa henti. Bahkan Anda tidak bisa menggunakan apa pun. Dan juga tidak ada yang seperti yang ditunjukkan di tambah. Itu seperti virus,” papar dia.

Pada saat penulisan, Best Fortune Explorer telah mengumpulkan lebih dari 100.000 instalasi dan memiliki peringkat ulasan rata-rata tiga bintang.

Menurut Forbes, Google telah diberitahu tentang aplikasi yang ditemukan oleh White Ops. Namun, tampaknya beberapa dari 116 program tetap ada di Play Store.

White Ops mendesak penggemar Android untuk menghapus salah satu aplikasi yang dipermasalahkan jika mereka menginstalnya dan memberikan nama paket untuk masing-masing.

Berikut adalah daftar aplikasi tersebut:

• art.photo.editor.best.hot

• bedtime.reminder.lite.sleep

• com.am.i.the.best.friends.hh

• com.appodeal.test

• com.beauty.mirror.lite

• com.bedtimehelper.android

• com.bkkmaster.android

• com.calculator.game

• com.card.life

• com.cartoon.camera.pro.android

• com.code.identifier.android

• com.code.recognizer.android

• com.color.spy.game

• com.cute.kittens.puzzlegame.android

• com.cute.love.test.android

• com.daily.wificentl.moment

• com.dailycostmaster.android