Sekda Matim Serahkan Sertifikat Hasil Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2020

24

BIDIKNEWS.id, Manggarai Timur–Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Matim Ir. Boni Hasudungan Siregar menyerahkan sertifikat hasil evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2020 kepada Dispenduk Matim dan Dinas Penanaman Modal, Perizinan dan Pelayanan Satu Pintu Matim. Penyerahan sertifikat ini berlangsung di ruang rapat Sekda Matim. Rabu (10/03/2021).

Sekda Matim Ir. Boni Hasudungan Siregar menjelaskan, terkait evaluasi pelayanan publik secara nasional Pemerintah melalu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melakukan evaluasi terkait pelayanan publik.

Untuk Manggarai Timur, lanjutnya, ada dua OPD yang dilakukan penilaian diantaranya Dinas Penanaman Modal dan pelayanan terpadu satu pintu dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Penilaian yang didapat oleh kedua Dinas ini tentu sudah melakukan pelayanan kepada masyarakat secara langsung.

“Kita bersyukur dari tahun ke tahun index pelayanan dan penilaiannya mengalami peningkatan yang sangat signifikan”, jelasnya.

Untuk NTT, tambahnya, ada empat kabupaten yang melakukan penilaian yakni Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur dan Kabupaten Nagekeo. Kabupaten yang mendapatkan poin tertinggi dari keempat Kabupaten ini adalah Kabupaten Manggarai Timur.

Kata dia, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mendapatkan capaian yang sangat luar biasa. Targetnya ditahun yang berjalan ini peningkatan pelayanan lebih dimaksimalkan lagi baik itu fasilitas pelayanan publik maupun peningkatan sumber daya manusianya. Sehingga ditahun 2021 kita bisa mendapatkan nilai yang lebih baik lagi.

“Kalau saya bedah dari enam indikator mulai dari kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi pengaduan dan inovasi. Saya optimis nilainya bisa dicapai. Sebab targetnya di RPJMD nilainya A. Semoga diakhir masa jabatan bupati dan wakil bupati nanti poin A tetap kita dapat”, ungkapnya.

Sementara itu, Admin Instansi Sistem Informasi Kabupaten Manggarai Timur Klaudensius K.Gadi menyampaikan, ditengah situasi pandemi Covid-19 evaluasi pelayanan publik tahun 2020, dilakukan secara Desk Evaluation, dan secara daring melalui Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) di Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP) kabupaten.

Gadi menjelaskan, secara berjenjang evaluasi dilakukan oleh Tim Evaluator Provinsi Nusa Tenggara Timur yang ditugaskan oleh Kedeputian Pelayanan Publik Kemenpan-RB. Sementara tim dari kabupaten lebih banyak berperan dan memfasilitasi untuk menjaga obyektifitas penilaian.

Laporan: Nardi Jaya