Sekdes Wowong bicara peluang Pemanfaatan Potensi Desa

256

Lembata, bidiknews.net – Digulirkannya anggaran dana Desa yang cukup Fantastis di Indonesia, adalah gambaran Pemerintah serius menyikapi problem masyarakat hingga di pedesaan. Hal ini juga diperkuat dengan dibentuknya Kementrian khusus (Kementerian Desa) yang menangani persoalan Desa.

Oleh karenanya, pemanfaatan terhadap potensi Desa, adalah hal prinsip yang harus dikembangkan oleh setiap penduduk Desa. Karena masyarakat adalah instrumen perubahan, maka sudah semestinya menjadi pion kontrol, agar tertata dengan baik konstruksi sosial di desa.

Bicara pemanfaatan potensi desa, Sekretaris Desa Wowong, Kecamatan Omesuri kabupaten Lembata; Jubir Latif Leky, S. Pd, kepada media ini mengaku memiliki ribuan konsep tentang pemanfaatan Sumber Daya di Desa bagian timur Lembata ini, soal Sumber Daya Manusia, Jubir mengaku memiliki pemuda yang punya kompetensi besar dalam gotong royong membangun desa.

Advertise

Baca Juga

“Pemuda wowong itu antusiasnya dengan kegiatan gotong royong itu sangat luar biasa…” Tegas Jubir.

Perihal Sumber Daya Alam, Jubir menjamin Wowong memiliki banyak potensi di bidang itu. Bahkan menurutnya, pariwisata adalah salah satu icon yang sangat potensial. Di bidang pariwisata, Wowong memiliki pasir putih yang indah menyisir bibir pantai, juga terumbu karangnya tersusun rapih menjadi pesona bahari bagi Wowong.

“Wowong Memiliki pasir putih sejauh mata memandang, terumbu karang yang indah dan pemandangan pantai yang bagus”, tutur Jubir.

Dengan potensi desa itu, Jubir mengaku bersedia bersama sama pemuda mengambil peran untuk memanfaatkan Sumber Daya Alam maupun Manusia, menjadikan Wowong sebagai Desa Produktif, memanfaatkan juga ikan sebagai pendapatan yang bisa mendongkrak ekonomi Masyarakat Desa.

“Nelayan sekarang ikan asinnya hanya dibeli dengan harga lokal, maka kita bisa kembangkan ini agar bisa dibeli dengan harga internasional agar mampu mendongkrak ekonomi Masyarakat”. Tutup Jubir yang juga jebolan Universitas Kanjuruhan Malang.

Redaksi Bidik News