Sekretariat PERSMA NTT Makassar Terendam Banjir sampai 4 meter

8
Makassar, bidiknews.net
Sekretariat Persatuan Mahasiswa Alor (PERSMA) NTT Makassar. Salah satu Organisasi Kemahasiswaan Alor-Makassar yang bermukim di Makassar terendam banjir hingga 4 meter. Lokasi sekret yang berada di Perumahan Taman Gosyen Indah Jl. Masjid H. Solemana itu sudah 3 hari terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur Makassar sejak Senin, 21/01/2019 lalu.
Perumahan yang letaknya tepat di Perintis Kemerdekaan IV, Belakang Toko Agung tersebut, Seluruh unitnya terendam banjir hingga 4 meter sejak 2 hari lalu. Perkiraan cuaca dari Badan Meteorologo Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar memberi peringatan antisipasi dampak gelombang yang semakin naik hingga 2,5 meter.

Tidak ada korban jiwa pada bencana ini, namun kerugian materi diperkirakan hingga 6 juta rupiah. Berkas berkas penting mahasiswa serta pakaian dan bahan makanan yang tersimpan di Sekretariat juga ikut terbawa banjir yang menggenangi kompleks tersebut.

“Di Sekretariat PERSMA, ada 2 orang Mahasiswa yang tinggal di dalam, mereka selamat semua, hanya pakaian dan bahan makanan serta berkas berkas mereka yang hanyut terbawa banjir”
Ungkap Ketua Umum PERSMA.
“Sekret kami juga hancur, lantai lantainya pecah dan retak. Bagian belakang penuh lumpur, tong air kami juga rusak parah” tutur Ketua.

Dalam 2 hari terakhir, tercatat hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat. Tercatat curah hujan di daerah Panaikang 122 mm, Maros 133 mm, Hasanuddin 197 mm, Gowa 101 mm, Paotere 84 mm. Kecepatan angin tertinggi di daerah Paotere tercatat 36 knot (66,67 km/jam).
Curah hujan yang tinggi disebabkan oleh adanya daerah tekanan rendah disekitar laut timor. Selain itu kelembaban udara yang tinggi disertai labilitas udara dalam kategori labil sedang sampai kuat menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan sangat signifikan si wilayah Aulawesi Selatan khususnya pesisir barat dan selatan.