Selamatkan Warga, Tim Vaksinasi UPT Puskesmas Limarahing Bersama Pemerintah dan TNI-Polri Terjun Ke Desa dan Sekolah

161
Tim Vaksinasi UPT Puskesmas Limarahing saat memberikan vaksin kepada salah warga kecamatan pulau pura di SMP Negeri Latang, Desa Pura Timur, Kecamatan Pulau Pura, Alor-NTT, Senin (20/12/2021).

BIDIKNEWS.id, Alor - UPT Puskesmas Limarahing bersama Pemerintah Kecamatan Pulau Pura dan para Kepala Desa dan Lurah se-Pulau Pura terus melakukan pemberian vaksin kepada warga masyarakat pulau pura sesuai prosedur dan mekanisme pelaksanan program vaksinasi yang berlaku.

Kegiatan Vaksinasi kali ini dilakukan di SMP Negeri Latang, Jl. Apomela-Latang (Pura), Desa Pura Timur, Kecamatan Pulau Pura, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Pantauan Bidik News di SMP Negeri Latang, Senin (20/12/2021) pagi hingga sore hari, sebanyak ratusan lebih warga pura dari tiga desa yakni, Desa Pura Timur, Desa Pura Selatan, dan Desa Maru mengikuti kegiatan vaksinasi dengan jenis Vaksin Astra Zeneca dan Sinovac.

Advertise

Kegiatan Vaksinasi ini juga dihadiri Camat Pulau Pura Baktir Kou, Kepala Desa Pura Timur selaku tuan rumah vaksinasi kali ini, Kepala Desa Maru serta Danposramil Kecamatan Pulau Pura dan para Babinsa TNI hingga selesainya.

Camat Pulau Pura Baktir Kou mengatakan, sejauh ini keaktifan masyarakat cukup tinggi dalam mengikuti program vaksinasi di wilayah kerjanya itu.

Lanjut Camat Pulau Pura, setelah ditetapkan Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun Tentang Vaksinasi, pihaknya bersama seluruh elemen lapisan yang ada di Kecamatan Pulau Pura terus memberikan sosialisasi pentingnya mengikuti Vaksin agar terhindar dari ganasnya Corona Virus Disease (Covid-19).

"Antusias masyarakat dalam mengikuti vaksinasi ini sejak September hingga Desember ini cukup tinggi," tutur Baktir Kou kepada Bidik News di halaman SMP Negeri Latang, Kecamatan Pulau Pura.

"(Karena) Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 Tentang Vaksinasi (red), memang masyarakat kecamatan pulau pura sadar arti pentingnya mengikuti vaksinasi ini dalam rangka upaya untuk mempercepat memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah (pura) ini," beber Baktir Kou.

Camat Pulau Pura Baktir Kou (kiri) saat memantau warga yang mengikuti program vaksinasi di SMP Negeri Latang, Desa Pura Timur.

Sebelumnya kata Camat Pulau Pura, telah dilakukan vaksinasi terhadap siswa-siswi SMP Negeri Latang dan SMA Negeri Pulau Pura. Sehingga lanjut Mantan Camat Pantar itu, dua SMP lainnya di Kecamatan Pulau Pura yakni, SMP Negeri Pura Barat dan SMPTK Parama Budhi Retta agar dapat segera dilakukan vaksinasi terhadap para siswa-siswi sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku di bidang pendidikan.

"Pada tanggal 17 dan 18 (Desember 2021) itu dilakukan (Vaksin) bagi anak-anak SMA Negeri Pulau Pura dan SMP Negeri Latang, sementara dua SMP belum dilakukan," ungkap Baktir.

"Rencananya 28 dan 29 (Desember 2021) itu akan dilakukan setelah natal selesai. (Dan) pada tanggal 22 Desember ini juga melibatkan tiga desa lagi yakni Kelurahan Pura, Desa Pura Utara dan Pura Barat dilakukan vaksinasi lokasinya di Desa Pura Utara," sambungnya.

Camat Pulau Pura juga menyinggung letak geografis dan kondisi beberapa wilayah di pulau pura soal sinyal jaringan internet yang dipakai guna mendukung program vaksinasi Covid-19 yang masih lemah. Namun kata Dia, terlepas dari semuanya itu pihaknya bersama seluruh komponen yang ada terus berupaya agar pencapaian target Vaksin Covid-19 dapat terlaksana dengan lancar.

"Berdasarkan pengakuan dari teman-teman Vaksinator dari UPT Puskesmas Limarahing bahwa disini sinyalnya cocok (lancar), jadi biasanya mereka layani (penerima vaksin di lokasi lain) sampai jam 5 (sore) itu 100 orang, tapi ini (di SMP Negeri Latang) sudah 3 kali Vaksinasi di kompleks (SD Negeri) Latang ini sudah mencapai 200 lebih orang," ungkap Baktir Kou.

"Dari kebersamaan yang kami bangun ini, kami targetkan sesuai dengan amanat dari Instruksi Presiden ini per tanggal 31 Desember paling tidak di semua wilayah untuk mecapai 70 persen dan kami berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan warga yang divaksin sesuai target tersebut," tandasnya.

Mantan Camat Pantar asal Tereweng ini juga tak lupa pula memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Tim Vaksinasi UPT Puskesmas Limarahing dan UPTD SMP Negeri Latang, TNI-POLRI dan semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan program vaksinasi ini.

"Saya juga menyampaikan proficiat kepada UPT Puskesmas Limarahing, Danposramil Kecamatan Pulau Pura bersama Anggota Babinsa dan Kapospol Kecamatan Pulau Pura bersama kami yang selalu antusias dan punya kepedulian yang begitu besar selalu berkoordinasi berkomunikasi untuk melaksanakan vaksinasi di wilayah Kecamatan Pulau Pura. Dari pihak pendidikan khususnya SMP Negeri Latang ini mereka menyadari betul bahwa anak-anak kalau tidak dilakukan vaksinasi, kedepan jangan sampe akan dipersulit. Jadi kondisi masyarakat sekarang ini, kalau tidak mengikuti vaksin itu berarti (jangan sampe) akan dipersulit dalam bantuan ataupun administrasi kependudukan," jelas Baktir.

"Sehingga anak-anak di sekolah ini mereka dilibatkan (divaksin). Dengan demikian dukungan dari para pendidik baik yang ada mengajar di SMP maupun di SMA, mereka relakan juga sarana ini dipergunakan untuk Vaksinasi," ujar Mantan Camat Pantar itu.

Kepala Sekolah UPTD SMP Negeri Latang Drs. Mathias Leko.

Kepala Sekolah UPTD SMP Negeri Latang, Drs. Mathias Leko saat dikonfirmasi Bidik News di ruang kerjanya merespon dengan sangat baik pengadaan kegiatan vaksinasi Covid-19 di SMP Negeri Latang.

Sebab kata Kepsek, dalam pelaksanaan Vaksin kepada warga dan juga siswa-siswi yang dididiknya bersama dewan guru SMP Negeri Latang itu telah usai melaksanakan evaluasi atau ulangan semester pertama di tahun ajaran 2021/2022.

Pasalnya lanjut Mathias, sinyal jaringan internet di UPTD SMP Negeri Latang diketahui oleh pemerintah kecamatan pulau pura dan UPT Puskesmas Limarahing sangat bagus untuk diadakan program vaksinasi. Sehingga Ia berharap, dengan respon baik dari pihaknya ini dapat membantu pemerintah untuk mempercepat memutuskan mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

"Jadi pelaksanaan vaksinasi pada hari ini sebelumnya itu disampaikan dari Bapak Camat (Pulau Pura) bahwa ternyata di UPTD SMP Negeri Latang ini (sinyal) jaringannya itu bagus sehingga bagi masyarakat kecamatan pulau pura khususnya tiga desa (Pura Selatan, Maru dan Pura Timur) yang belum divaksin itu lokasi pelaksanaan Vaksinasi di SMP Negeri Latang. Dan karena itu kami juga merespon (bekerjasama) terhadap pelaksanaan vaksinasi di tempat ini," ujar Mathias Leko.

"Pelaksanaan vaksinasi di tempat (SMP Negeri Latang) ini bagi kami tidak menganggu (proses kegiatan belajar mengajar) karena kegiatan proses mengajar sudah berakhir dan hanya menunggu saat acara pembagian laporan penilaian," pungkasnya.

Kepsek Mathias Leko juga membenarkan para siswa-siswi SMP Negeri Latang telah mengikuti program vaksinasi yang diadakan pada tanggal 18 Desember 2021 kemarin. Sebelumnya kata Dia, pihak UPTD SMP Negeri Latang telah memberikan surat persetujuan kepada para orangtua siswa untuk menyetujui anaknya agar dapat mengikuti program vaksinasi walaupun beberapa orangtua siswa maupun siswi yang belum menyetujui untuk divaksin.

"Tanggal 18 Desember 2021 (red) itu juga dilakukan vaksinasi terhadap anak sekolah kami. Pada saat pelaksanaan vaksinasi ada 101 anak yang divaksin," ujar Mathias.

Sementara itu, Pengelola Vaksinasi Covid-19 untuk UPT Puskesmas Limarahing, Amar A. Hasan menjelaskan, giat program vaksinasi terhadap warga pulau pura atas kerjasama dengan Pemerintah Kecamatan, TNI-Polri, Kepala Desa dan Lurah se-Pulau Pura dengan sasaran telah mencapai lebih dari 51 persen per bulan September hingga Desember 2021.

Amar menambahkan, selain itu, pihaknya juga dibantu oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Alor sehingga Tim Vaksinasi UPT Puskesmas Limarahing dibagi menjadi dua Tim. Dan jelasnya, itu sangat membantu pihaknya dalam memberikan pelayanan dan mempercepat pemberian vaksin Covid-19 kepada warga pulau pura.

"(Warga pulau pura yang divaksin) sudah sekitar 1000 lebih mau masuk 2000 sampai hari ini. Untuk hari ini 217 lebih warga yang terima vaksin, sehingga presentase penerima layak syarat vaksin per tanggal 18 Desember kemarin itu sekitar 51,9 persen," beber Pengelola Vaksinasi Covid-19 untuk UPT Puskesmas Limarahing.

"Kita tanggal 22 November kemarin itu kita dibantu dari PMI (Palang Merah Indonesia Kabupaten Alor) jadi dua tim. Satu tim dari PMI, satu tim dari Puskesmas (Limarahing). Jadi itu mungkin ada sedikit membantu kita untuk pencapaian presente (pemberian vaksin Covid-19) agak sedikit naik. Karena kendalanya itu kalau kita turun ke desa itu dari transportasi saja apalagi musim hujan. (Melihat letak geografis wilayah pulau pura) Kalau kita pakai tranportasi laut itu waktu hujan gelombang dan ombak, tapi kalau kita pakai kendaraan darat berarti jalannya juga belum bagus," jelasnya.

Lebih lanjut kata Amar, Tim Vaksinator UPT Puskesmas Limarahing tetap giat dan terus bekerjasama dengan pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan kira serta TNI-Polri dan lapisan elemen masyarakat lainnya untuk memberikan vaksin kepada penerima syarat untuk divaksin.

Oleh karena itu, Dia berharap agar masyarakat juga dapat terbangun kesadarannya tentang pentingnya mendapatkan vaksin ini.

"Untuk vaksin itu sendiri bahayanya tidak ada tapi manfaat untuk kita punya diri itu sangat besar terutama untuk kekebalan tubuh dari Virus Corona ini," ungkap Pengelola Vaksinasi Covid-19 untuk UPT Puskesmas Limarahing.

Laporan: Markus Kari
Editor: Redaktur Bidik News