Selesaikan Pandemi, Kemenkes RI Bangun Sinergi dengan Pemkab Selayar

10

BIDIKNEWS id, Selayar – Kementerian Kesehatan melalui Tim Taskforce yang diberikan tugas oleh Menteri Kesehatan kembali mengunjungi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam rangka membangun sinergi dan berkolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/kota dalam upaya percepatan penanganan dan penanggulangan Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Tim Taskforce Kementerian Kesehatan melakukan pertemuan dengan Pjs Bupati Kepulauan Selayar, Dr.H. Asriady Sulaiman,S.IP.,M.Si. untuk membahas terkait percepatan penanganan Covid-19.

“Kami ditugaskan ke Sulawesi Selatan, yang tugasnya adalah bagaimana bersinergi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten untuk percepatan penurunan Covid-19 ini,” kata Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan Kementerian Kesehatan, dr. Pattiselanno Roberth Johan, MARS, saat mengunjungi Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Kamis, 1 Oktober 2020.

Advertise

Baca Juga

Ia mengungkapkan, kali ini bersama rombongan tim mengunjungi Kabupaten Kepulauan Selayar untuk melihat kesiapan dalam menghadapi Covid-19. Berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan Sulsel, Kabupaten Kepulauan Selayar sedang mengalami peningkatan kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

“Selayar memang sebelumnya landai, tetapi satu minggu terakhir ini ada peningkatan kasus. Itu yang buat kami datang untuk melihat, apa yang terjadi sebelumnya dan apa yang bisa didukung oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan, untuk teman-teman di Satgas Covid-19,” jelasnya.

Berdasarkan data dari Pemerintah Provinsi Sulsel per 1 Oktober 2020, jumlah kumulatif kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Selayar mencapai 162 kasus. Sementara total kasus sembuh sebanyak 124 kasus dengan 36 pasien yang masih aktif dan diisolasi, serta 2 kasus meninggal.

Sementara itu, menjelang Pilkada Serentak 2020, dr. Pattiselanno menyampaikan harapannya agar masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Sehingga, diperlukan langkah antisipasi dengan memberikan edukasi secara terus menerus kepada masyarakat terkait 4M yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan dengan sabun, serta Menghindari kerumunan.

“Melalui edukasi kepada masyarakat ya. Bagaimana masyarakat itu menerpakan 4M dan khususnya adalah menghindari kerumunan, karena akan ada event nasional yang akan dilaksanakan di Bulan Desember nanti, yaitu Pilkada dan Selayar juga termasuk. Nah, ini yang harus diantisipasi supaya tidak terjadi peningkatan kasus yang dapat menghambat program Pilkada ini,” ungkapnya.

Dalam diskusi, dr. Pattiselanno juga menyampaikan tiga arahan Presiden RI, Joko Widodo tentang upaya pengendalian Covid-19. Yaitu penurunan angka kasus baru, penurunan angka kematian, dan peningkatan angka kesembuhan.

Sementara, Penjabat Sementara Bupati Kepulauan Selayar, Asriady Sulaiman, menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim Taskforce Kementerian Kesehatan yang dipimpin oleh dr. Pattiselanno. Ia berharap kehadirannya dapat mengevaluasi terkait adanya peningkatan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Selayar, sehingga terdapat langkah – langkah yang dapat dibenahi untuk pengendalian Covid-19.

“Program Pak Gubernur dengan wisata Covid-19, mungkin kita tidak harus ke Makassar, tetapi program itu mungkin kita bisa buat, kurang lebih sama dengan apa yang ada di Makassar. Terlebih daerah kami adalah daerah Kepulauan, tentu ada beberapa daerah yang terisolir karena kendala transportasi sehingga tidak setiap hari kita dapat membawa pasien ke Makassar,” terang Asriady Sulaiman.

Asriady juga berharap Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar dapat bersinergi dengan rumah sakit untuk sering berdiskusi dengan penanggungjawab Wisata Duta Covid-19 yang ada di Makassar.

Pada kesempatan lainnya, Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan Kementerian Kesehatan, dr. Pattiselanno menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Kementerian Kesehatan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar yang diterima langsung oleh Pjs. Bupati Asriady Sulaiman.

Adapun bantuan logistik yang diserahkan yakni APD Lengkap (Baju, Helm, Google, Boots, Handscoon, dan lainnya) sebanyak 50 paket, Baju APD 240 buah, Masker N95 sebanyak 100 buah, Masker bedah 500 buah, Handscoon steril berjumlah 250 pasang, Handscoon non steril 500 pasang, serta bantuan makanan tambahan (BMT).

dr. Pattiselanno juga mengatakan bahwa Tim Taskforce Kementerian kesehatan akan terus membantu dan bersinergi untuk memantau perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Selayar agar kedepannya penyebaran Covid-19 ini bisa terkendali. (*)

Editor: Ahmad Rusli