SEM Bantu Warga Tak Mampu, Mulai Dilirik Donatur Dari Luar Negeri

25

BIDIKNEWS.id, Magetan – Sudah setahun ini, Solidaritas Elang Magetan (SEM) dibentuk. Semangat awal mulanya hanya ikut berbagi ke masyarakat kurang mampu, baik dengan membantu sembako dan lainnya, bahkan dibilang tiap bulan sekali memberikan bantuan sosial pada warga yang membutuhkan.

Informasi yang digali Bidik News, Beberapa tahun terakhir, komunitas ini sangat getol melakukan misi sosial di wilayah Kabupaten Magetan, mereka menyebutnya dengan Solidaritas Elang Magetan (SEM) meskipun anggotanya hanya 6 orang yang rata-rata sudah berusia dewasa semuanya.

“Bansos ini kita bagi tepatnya di Desa Sambirobyong, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan di tujuh titik, yang penting kita semangat, tua tidak menjadi soal, yang penting semangat harus muda,” Tutur Ibuu Siti yang juga sekertaris SEM kepada Bidik News Jum’at, 16/10/2020.

Advertise

Baca Juga

Lanjut Bu Siti, baksos ini dilakukan untuk bisa berbagi sesama, dengan gotong royong antar anggota SEM meskipun diawal pendiriannya hanya berbagi setiap bulan sekali yang sumber dananya dari anggota yang bekerja di luar negeri,

“Kami tidak perlu khawatir mencari donatur, kebetulan anggota kita juga ada yang kerja di luar negeri,” Ujarnya sambil tersenyum

Kepada Bidik News Ketua SEM, Budi menyampaikan sangat paham betul dalam menjaga kekompakan komunitas yang dibangun selama 1 tahun, transparansi di internal komunitas juga menjadi suatu kewajiban untuk menjaga solidaritas.

“Baksos yang kami lakukan bersama jajaran SEM ini kedepannya bisa lebih membantu warga yang kurang mampu dan juga terdampak Pandami COVID-19 ini,” ungkapnya

Solidaritas ini beranggotakan 6 orang saat melaksanakan kegiatan Baksos di wilayah Magetan baik kopdar maupun kegiatan sosial, mereka juga beranggotakan yang bekerja di luar negeri, bahkan secara donatur diyakini lebih efektif untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota solidaritas.

“Misalnya kalau kita kekurangan dana, tinggal menyampaikan lewat group whatsapp pasti teratasi semuanya.” Tutup Budi.

Laporan : Biro Jatim _ Kusno
Editor : Redaktur Bidik News