Sering tak Dihiraukan, Tumbuhan ini Obat Manjur bagi Penyakit Mematikan

98

BIDIKNEWS.id, Kesehatan – Bagi sebagian besar orang termasuk anda mungkin kurang familiar dengan nama dedaunan yang satu ini. Banyak sekali nama yang diberikan untuk tanaman ini. Diantaranya, Balakacida, Babadotan atau Merdeka.

Daun Balakacida memiliki nama ilmiah Chromolaena odorata, adapula berbagai nama lainnya seperti kirinyuh. Tanaman ini sebenarnya salah satu jenis tanaman gulma atau pengganggu yang berasal dari family asteraceae.

Adapun ciri daunnya berbentuk oval dan bergerigi di bagian tepinya, tidak hanya itu daunnya memiliki tekstur sedikit kasar berbeda dengan jenis dedaunan pada umumnya, tanaman ini juga memiliki bunga dan akan berbunga di setiap musim kemarau.

Advertise

Baca Juga

Biasanya daun balakacida banyak dijumpai pada dataran dengan ketinggian sekitar 1000 hingga 2800 mdpl, namun berbeda dengan di Indonesia justru kebanyakan daun balakacida dapat tumbuh di dataran rendah kurang dari 500 mdpl.

Pertumbuhannya yang sangat cepat terutama karena mendapatkan asupan sinar matahari cukup, akan sangat sulit tumbuh jika ditempatkan di tempat yang tidak memiliki pencahayaan cukup. Pertumbuhannya yang sangat cepat dapat merusak tanaman budidaya, sehingga dapat merugikan para petani.

Tak heran juga bila daun balakacida sering dibuang begitu saja. Namun, ternyata tanaman balakacida memiliki manfaat yang luar biasa di dunia pertanian. Tanaman ini dapat dijadikan sebagai pupuk organik, biopestisida, dan obat tradisional.

Manfaat tersebut tentunya dikarenakan daun balakacida memiliki banyak sekali kandungan zat dan nutrisi. Adapun rincian mengenai kandungan nutrisi pada daun balakacida antara lain: Fenol, Alkaloid, Triteperoid, Tannin, Flavonoid dan Limonen

Adanya kandungan nutrisi di atas, daun balakacida tidak hanya bermanfaat di bidang pertanian saja, melainkan juga di bidang kesehatan. Biasanya tanaman balakacida juga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional.

Ini sudah banyak digunakan sejak dulu dimana orang masih mengenal tabib dan perawat saja. Karena sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, zaman dulu banyak sekali orang menanamnya dan membudidayakannya.

Namun seiring waktu berjalan, orang- orang sudah mengenal obat kimia dan dokter sehingga daun balakacida mulai ditinggalkan dan dianggap sebagai gulma. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat dari daun balakacida, berikut kami sampaikan manfaatnya:

1. Obat Kista
2. Mencegah Kanker Serviks
3. Kesehatan Reproduksi Wanita
4. Mencegah Diabetes
5. Obat Vertigo
6. Obat Maag
7. Menjaga Kesehatan Jantung
8. Menurunkan Kadar Kolesterol
9. Obat Asam Urat
10. Menurunkan Tekanan Darah
11. Menjaga Kesehatan Lambung
12. Obat Sakit Kepala
13. Mencegah Kanker Payudara
14. Melancarkan Peredaran Darah
15. Menurunkan Berat Badan
16. Obat Luka
17. Obat Jerawat

Lalu bagaimana cara penggunaannya?.
Untuk penyakit dalam, ambil secukupnya daun tersebut kemudian direbus dengan takaran air 2 hingga 3 gelas air dan sisakan rebusan air tersebut minimal menjadi 1 gelas air hasil rebusan daun tersebut. Nah, air siap seduh dan sudah menjadi obat, diminum 2 kali sehari. Pagi dan malam hari, saat bangun tidur dan hendak tidur.

Untuk penyakit luar, ambil daun secukupnya, ditumbuk lalu ditempelkan di area yang dimaksud, atau mengambil getah dari pohon tersebut. Nah, bagaimana dengan mengobati jerawat?, Sama dengan cara mengobati luka, untuk jerawat, anda tinggal menumbuk dan menempelkannya pada jerawat anda.

Itulah berbagai manfaat daun balakacida yang kami rangkum dalam edisi Kesehatan Bidik News. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Editor : Redaktur Bidik News