Sosialisasi Ranperda, Gonis Badjang : Suara Masyarakat Sangat Penting Demi Kemajuan

73

BIDIKNEWS.id, Manggarai Timur – Pemerintah dan DPRD Kabupaten Manggarai Timur, NTT, menggelar sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RanPerDa) tentang Perusahaan Daerah dan Retribusi pelayanan kesehatan di Kecamatan Elar Selatan (Elsel), pada Selasa,(6/10/2020).

Kegiatan sosialisasi Ranperda yang berlangsung di Aula Kecamatan Elsel ini dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes), Perwakilan Setda Matim, Perwakilan Anggota DPRD Matim Gorgonius D. Bajang dari PDIP dan Kamelus Baul Fraksi Hanura, Para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat ,Tokoh Adat, Tokoh Kesehatan dan komponen Masyarakat.

Stephanus Lamar, Camat Elsel dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dalam kegiatan Ranperda tersebut.

Advertise

Baca Juga

“Ada dua rancangan peraturan daerah yang akan dibahas, kita dibutuhkan untuk memberikan saran ataupun tanggapan terkait dengan rancangan Perda yang ada,” tandas Lamar.

Menurut Stephanus, Forum itu sangat penting, sebagai bukti bahwa pemerintah lebih demokratis melibatkan masyarakat dalam membahas produk Perda.

Sementara itu Perwakilan DPRD Matim Gorgonius D. Badjang menegaskan, kalau Ranperda adalah Proses pembahasan produk hukum yang diamanatkan oleh UU, maka keterlibatan masyarakat dalam membahas, mengkritis dan menilai semua produk Perda yang ada itu sangat penting.

“Perda sebagai petunjuk untuk kita bisa berpijak dan Masyarakat harus dilibatkan untuk bisa mengetahui setiap Perda yang ada,” ungkapnya.

DPRD dan pemerintah, kata Badjang, sangat serius membahas perda yang ada. Diharapkan dengan keterlibatan Masyarakat dalam pembahasannya, Masyarakat bisa memberikan kontribusi ide demi ditetapkannya menjadi Perda nanti.

“Suara Masyarakat itu penting, demi kemajuan suatu daerah dan lahirnya perda-perda yang bersifat Pro Rakyat,” tutupnya.

Penulis: Biro Bidik News NTT_Nardi Jaya