Sukseskan Penanaman 3000 Pohon. Pemdes Bontoparang Hijaukan Sungai di Kampung Beru

113

BIDIKNEWS.id, Takalar – Respon terhadap bencana banjir, longsor dan kerusakan lingkungan, Pemerintah Kabupaten Takalar menggelar penghijauan dengan penanaman 3000 pohon di seluruh Desa se-kabupaten Takalar.

Diketahui, pohon berguna untuk mengurangi risiko banjir saat terjadi hujan lebat. Para ahli mengatakan, hutan berfungsi sebagai penghalang air banjir. pohon juga berfungsi mengehar erosi tanah, mengurangi sedimen yang masuk ke sungai dan meningkatkan penyerapan air ke dalam tanah.

Aksi penanaman pohon kali ini bertemakan “Gerakan Penanaman Serentak 3000 Pohon” sebagai aksi nyata respon pemerintah terhadap kelestarian sungai dan lingkungan secara umum.

Advertise

Desa Bontoparang melalui Pemerintah Desa, kegiatan ini dipimpin langsung oleh Abdul Rahman, Kepala Desa terpilih yang baru saja dilantik serentak beberapa hari lalu.

Dukumentasi : Kegiatan Penanaman 3000 pohon oleh Pemdes Bontoparang bersama warga Desa

Di Desa Bontoparang, kegiatan ini dilaksanakan di pinggir sungai Dusun Kampung Beru Desa Bontoparang Kecamatan Mangarabombang Pada jum’at (31/12/2021) pagi tadi.

Dikonfirmasi awak media, Kepala Desa Bontoparang, Abdul Rahman membenarkan, jika kegiatan ini adalah program pemerintah kabupaten Takalar yang juga dilakukan serenpak oleh seluruh Desa di Takalar.

”Kegiatan itu dilaksanakan oleh Pemerintah secara serentak dengan 100 Desa/Kelurahan se-Kabupaten Takalar,” terangnya.

Abdul Rahman berharap, kegiatan yang dilakukan itu dapat mencegah adanya banjir dan longsor.
“Kegiatan ini untuk menjaga kelestarian sungai agar mencegah banjir dan bencana longsor,” Tegasnya sebagaimana dikutip dari cybernews86.com

Penulis : Tim Media Bontoparang
Editor : Redaktur Bidik News