Survey Pilwali Makassar Versi CRC, Danny-Fatma Unggul 40,4 Persen

11

BIDIKNEWS.id, Makassar — Jelang pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar pada 9 Desember, sejumlah lembaga survey merilis survey tingkat keterpilihan 4 pasang Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar. Tercatat, hingga pertengahan Bulan Oktober ini, sudah 5 lembaga survey yang mengeluarkan rilis survey elektabilitas Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

Lima lembaga survey itu, yakni PolMark, General Survey Indonesia, Profetik Institut, Indeks Politika Indonesia (IPI) dan yang terbaru Celebes Research Center (CRC). Bila sebelumnya empat surveyor mengunggulkan Pasangan Calon Nomor Urut 2, Munafri Arifuddin-Rahman Bando.

CRC pada hari ini, Senin 12 Oktober 2020 menggunggulkan pasangan Calon Nomor Urut 1, Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi. Survey CRC tersebut diumumkan di Hotel Santika Makassar.

Advertise

Baca Juga

Berdasarkan survey itu, Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) unggul dengan hasil 40,4 persen.

Kemudian disusul oleh pasangan nomor urut 2, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman) 23,5 persen. Sementara pasangan nomor urut 3, Syamsu Rizal-Dokter Fadli Ananda (Dilan) 14,0 persen.

Kemudian pasangan nomor urut 4, Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Nurdin (Imun) 6,5 persen. Sementara yang belum menentukan pilihan sebanyak 15,6 persen.

“Ini adalah hasil temuan kami di lapangan, tanpa merubah sedikit pun angkanya, seperti inilah hasilnya,” kata Manager Riset CRC, Nur Hidayat.

Pengambilan sampel dilakukan pada 25 September sampai 5 Oktober 2020.

Sampel sebanyak 1000 responden dengan metode rendom dan toleransi kesalahan kurang lebih 3,0 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari 15 Kecamatan yang terdistribusi secara profesional.

“Sebanyak 74,9 persen responden menegaskan kecil kemungkinan atau hampir tidak mungkin akan berubah, 24,3 persen responden sangat besar dan kemungkinan berubah dan 0,8 persen menjawab tidak tahu,” paparnya.

Editor: Ahmad Rusli