SYL Mangkir dari Panggilan Pengadilan Negeri Sungguminasa

50
Kuasa hukum Irsan, Wawan Nurrewa

Bidiknews.id- Perkara Gugatan Perdata Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH (SYL) melawan Irsan Fahdin Isfany Kaimuddin Salle, SE, SH (Irsan) berlanjut sampai ke meja mediasi pertama (aanmaning) di Pengadilan Negeri (PN) Sungguminasa, Senin (17/4/23) pagi.

Rencananya, kehadiran SYL sebagai Termohon Eksekusi itu untuk dimintai pertanggung jawaban berdasarkan hasil Putusan terakhir Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia yang sudah berkekuatan hukum tetap (inqracth).

Tim Kuasa Hukum Irsan, Wawan Nur Rewa SH Tim mengatakan SYL diprediksi mangkir dari Panggilan hari ini.

Advertise

Hingga saat ini sekitar pukul 11.00 wita pihak Termohon Eksekusi (SYL) belum hadir, sedangkan undangannya pukul 10.00 wita, kayaknya beliau mangkir, tapi tidak apa-apalah mungkin Termohon anggap panggilan Pengadilan Negeri Sungguminasa ini tidak penting. Kami berharap agar Ketua Pengadilan Negeri Sungguminasa bisa lebih tegas,” katanya.

Selain itu, Wawan sapaan akrabnya ini mengungkapkan akan melibatkan Pengadilan Tinggi (PT), Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA) dalam pengawasan.

Kami akan minta PT dan MA untuk memantau dan mengawasi proses aanmaning ini,” ungkapnya.

Selain itu, Tim Kuasa Hukum Irsan ini membeberkan upaya Hukum yang akan diambil.

Rencananya ke Mabes untuk Laporan Polisi, kemudian layangkan surat pengaduan ke Presiden Jokowi, setelah itu audiensi dengan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dugaan ‘konspirasi’ kemudian DPR RI, dan beberapa lembaga negara, dan yang saya sebut itu sebagian saja.

Kami sudah rapat internal semalam, tentunya jalur yang sudah kami persiapkan akan kami lewati dan lalui sampai hak kalien kami tercapai,” bebernya.

Tim Kuasa Hukum Irsan ini berharap agar Perkara ini dapat melahirkan solusi. Agar SYL mengganti kerugian klien kami dan melihat sisi kemanusiaannya saja jika ketiga putusan PN, PT dan MA tidak dianggap begitu penting.

Kurang lebih lima Tahun klien kami menderita akibat dampak perbuatan yang bersangkutan seperti halnya isi dalam putusan itu. Kami jujur tidak ada masalah dengan Bapak SYL diluar perkara ini, beliau itu orang baik dan dicintai oleh masyarakat Sulawesi Selatan sehingga kami berharap ini perkara selesai,” tutupnya.

Dikonfirmasi terpisah, Pengadilan Negeri Sungguminasa membenarkan pihak SYL belum hadir hingga Pukul 11.36 wita.

“Belum ada yang hadir pihaknya (SYL),” kata salah seorang Pegawai di PTSP.

Sekedar diketahui jika proses aanmaning (teguran) ini akan bergulir sampai tiga kali di Pengadilan Negeri Sungguminasa.

Sampai berita ini ditulis pihak terkait belum bisa ditemui…

(Darwis)