Tanggapi Persekusi Wartawan, Kapolres Alor Periksa Anggotanya

30

BIDIKNEWS.id, Alor – Diberitakan beberapa waktu lalu soal intimidasi dan Persekusi Jurnalis oleh beberapa oknum anggota Polisi Polres Alor, orang nomor Wahid di jajaran Polres Alor ini angkat bicara.

Melalui siaran persnya, Kapolres Alor menyebutkan jika Kejadian tersebut bermula saat anggotanya menertibkan pengguna motor yang tidak dilengkapi kelengkapan kendaraan yang dapat membahayakan pengguna jalan lainnya pada malam hari seperti lampu dan spectech sesuai standard lainnya.

Pada saat memeriksa kendaraan, ada salah satu pengendara memukul anggota Polres yang melakukan pemeriksaan kendaraan, setelah itu yang bersangkutan memacu motornya dengan kecepatan tinggi bahkan sampai naik ke trotoar.

Advertise

Baca Juga

Melihat kejadian ini, kebetulan Saudara Markus yang sedang berada di lokasi, hendak mengkonfirmasi kejadian tersebut, dan membuat foto dan video menggunakan HP-nya. Namun ketika hendak mengkonfirmasi berita tersebut, anggota yang berada di lapangan sedang sibuk akan melakukan pengejaran.

Ada anggota yang menanyakan identitas saudara Markus karena tidak mengenal bahwa Markus adalah wartawan dan hanya ditunjukkan id card yang ada di folder foto. Tidak menunjukkan surat tugas dan id card secara fisik.

Bidik News menerima rilis di meja redaksi dari Mapolres Alor, Kapolres Alor memohon maaf atas insiden tersebut dan mengaku akan melakukan pemeriksaan terhadap anggotanya sesuai aturan dalam internal polri, yaitu Si Propam Polres Alor.

“Berkaitan dengan hal tersebut, kami memohon maaf apabila ada hal-hal yang mungkin tidak mengenakkan. Terhadap anggota dimaksud akan kami lakukan pemeriksaan oleh si propam terlebih dahulu untuk menjelaskan permasalahan karena adanya laporan publik complain.”

Kapolres juga menghimbau kepada pengelola media, agar melengkapi identitas kontributor di setiap wilayah tugasnya

“Kami juga memohon kepada pihak media agar mengingatkan kembali kepada kontributor atau wartawannya di daerah tentang kelengkapan diri yaitu id card dan surat tugas dapat selalu dibawa utk menghindari kesalah pahaman di lapangan,” tutur Kapolres Alor AKBP. Agustinus Christmas.

Lanjut beliau “Mohon bersabar jika ingin meliput berita atau mewawancarai atau mengambil gambar anggota yg bertugas di lapangan agar dilihat dulu kondisi di lapangan. Sehingga tidak terjadi persinggungan dan miss persepsi.

Terakhir, Kapolres juga menegaskan, jika hubungan Polres Alor dengan wartawan sangat baik. “Hubungan Polres Alor dengan rekan-rekan wartawan yang baik selama ini supaya dapat langgeng.” Tutupnya dalam tulisan yang dikirim ke meja redaksi Bidik News. (*)

Editor : Redaktur Bidik News