Tanpa Proses Demokrasi, Pemilihan BPD Sano Lokom Diduga Sarat Nepotisme

1008

Manggarai Timur, Bidiknews.id – Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Sano Lokom, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur diduga sarat nepotisme. Pemilihan tersebut tanpa melalui proses demokrasi, sebagaimana pengakuan Yuvensius Rabu, Ketua BPD lama Desa Sano Lokom, kepada Bidiknews.id, Senin (24/8/2020).

“Saya kaget ketika pada tanggal 21 Juli lalu, berkas nama-nama BPD baru sudah ada di Kantor Camat. Sang kades mengakomodir orang-orang terdekatnya
Sementara, proses demokrasi tidak pernah berlangsung,” tandas Yuvensius.

Sementara itu, Mikael Jemedo, Kepala Desa Sano Lokom saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon membantah tudingan Yuvensius Rabu, Mantan Ketua BPD Sano Lokom. Dia menuturkan, proses pemilihan telah berlansung dan nama-nama yang terpilih sudah melalui proses demokrasi.

Advertise

Baca Juga

“Pemilihan sudah selesai untuk dua dusun yaitu Rembong dan N’taur. Semuanya dilakukan melalui proses demokrasi,” jelas Mikael.

Pantauan Bidiknews.id, warga Desa Sano Lokom kemudian mendatangi Kantor DPRD Matim pada Senin (24/8/2020). Selain mengadu terkait pemilihan BPD, warga juga mengadu mengenai penyaluran dana bantuan Covid-19 di Desa tersebut yang diduga tidak transparan.

Laporan : Biro NTT _ Nardi Jaya, S. Pd.
Editor : Redaktur Bidik News