Tingkatkan Kemampuan Aparat Wilayah, Kodim 1622/Alor Gelar Program Binsiapapwil dan Puanter Semester II TA.2022

32
Dandim 1622/Alor Letkol Inf Amir Syarifudin, SH., saat memberikan sambutan di hadapan seluruh Danramil dan Babinsa di wilayah kerja Kodim 1622/Alor, Senin 29 Agustus 2022.

BIDIKNEWS.id, Alor – Komando Distrik Militer (Kodim) 1622/Alor sebagai Satuan Teritorial TNI AD di Wilayah perbatasan laut Indonesia dan Timor Leste, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur senantiasa memelihara dan meningkatkan kemampuan personelnya dalam rangka menunjang tugas pokok Kodim 1622/Alor, salah satunya adalah dengan melaksanakan program pembinaan kesiapan aparat wilayah dan kemampuan teritorial semester II TA. 2022 yang dilaksanakan di Makodim, Senin (29/8/2022).

Kegiatan pembinaan kesiapan aparat wilayah dan kemampuan teritorial semester II TA. 2022 ini dibuka secara langsung oleh Dandim 1622/Alor Letkol Inf Amir Syarifudin, SH dan diikuti seluruh Danramil dan Babinsa di wilayah jajaran Kodim 1622/Alor.

Melalui sambutannya, Dandim 1622/Alor menyampaikan bahwa agar seluruh peserta baik Danramil maupun Babinsa mengikuti kegiatan ini dengan baik serta ikuti semua arahan dan penyampaian materi yang diberikan sehingga dapat menjadi bekal dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab.

Advertise

“Karena kegiatan ini dilaksanakan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit sebagai aparat di wilayah (kerja Kodim 1622/Alor),” ucap Dandim Amir.

Orang nomor 1 di Kodim 1622/Alor ini menjelaskan, program pembinaan kesiapan aparat wilayah dan kemampuan teritorial semester II TA. 2022 ini dilakukan agar setiap personil TNI memiliki kemampuan yang handal dalam melaksanakan tugas-tugas pembinan teritorial di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya serta diharapkan kemampuan Apkowil dalam menyelenggarakan Binter di wilayah akan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menyiapkan aspek pertahanan di darat sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 34 tahun 2004.

“Karena sedemikian rupa pentingnya keberadaan aparat kewilayahan di daerah, maka perlu adanya pembinaan terhadap Apwil agar dapat melaksanakan tugas Binter di Wilayahnya dengan hasil yang optimal, guna dapat terpeliharanya dan meningkatkan kemampuan Apwil yang dapat berinteraksi dengan keadaan situasi dan kondisi masyarakat di wilayah Binaan,” ungkap Dandim Amir.

Kegiatan program pembinaan kesiapan aparat wilayah dan kemampuan teritorial ini, demikian Dandim Amir, dilaksanakan secara terprogram setiap tahunnya yang bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang kemampuan yang harus dimiliki oleh aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial guna mendukung pelaksanaan tugas di lapangan sesuai dengan yang diharapkan oleh Komando atas, sehingga para personel di lapangan memiliki pengetahuan dan kemampuan sebagai aparat di wilayah dan dapat melaksanakan tugasnya secara optimal dan bermanfaat untuk kepentingan masyarakat dan aspek pertahanan di darat.

“Babinsa harus meningkatkan kedekatan dengan masyarakat dengan cara menjalin komunikasi dua arah, menjadi contoh dan teladan dalam mematuhi hukum, disiplin dan tata tertib, baik di lingkungan satuan maupun di lingkungan masyarakat,” tutup Komandan Kodim 1622/ Alor Letkol Inf Amir Syarifudin, SH.

Laporan/Editor: Markus Kari
Sumber: Pendim 1622/Alor