Top! Pesantren Darul Aman Gombara Berhasil Sabet Gelar Juara I dan 2 Olimpiade Bahasa Arab se Sulsel

128

BIDIKNEWS.id - Makassar - Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar berhasil menyabet gelar juara pertama dan kedua Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-5 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Sabtu (3/9/2022).

Juara tersebut, diperoleh dari kategori SMP Negeri/Swasta dan SMA/SMK Swasta. Untuk kategori SMP Negeri/Swasta, juara pertama diraih Andi Taufiqurrahman Syakir. Sedangkan juara kedua untuk kategori ini diraih oleh Mutmainnah Nur Khaer. Sementara Nisrina Kalya Dwi Putri berhasil keluar sebagai juara kedua untuk kategori SMA/SMK.

“Kami sangat bangga dan bersyukur peserta kami baik dari SMP maupun SMA telah berhasil meraih capaian yang maksimal dengan hasil yang patut untuk kami syukuri," kata Kepala Lembaga Bahasa Pondok Pesantren Darul Aman, Aminuddin, Lc., LLB Hons, Sabtu (3/9/2022).

Advertise

Aminuddin berharap kemenangan ini menjadi motivasi bagi pengasuh dan santri Pondok Pesantren Darul Aman Gombara agar semakin mencintai Bahasa Arab.

"Semoga menjadi motivasi untuk kami pembina dan untuk santri khususnya agar semakin mencintai Bahasa Arab dan semakin bersemangat untuk mensyiarkannya sebagai bahasa international," terangnya.

Pondok pesantren Darul Aman berdiri sejak tahun 1991 hingga kini adalah pondok pesantren yang didirikan oleh KH. Abdul Djabbar Ashiri, KH Abdul Djalil Thahir dan Haji Sempang Ali, Selanjutnya kepemimpinannya dilanjutkan oleh H. Muhammad Iqbal Abdul Djalil, Lc. yang kemudian saat ini dipimpin oleh H. Yusuf Mantasya, Lc. dengan ribuan santri dan lulusan  yang telah tersebar di dalam dan luar negeri.

OBA ke-5 ini digelar di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Aisyiah Gombara Makassar. Olimpiade Bahasa Arab tersebut, diikuti oleh 80 peserta dari sejumlah kabupaten/kota se-Sulsel. Dalam OBA ke-5 ini dilombakan 8 kategori, yakni  kategori SMA/SMK Negeri, SMA/SMK Swasta, MA Negeri, MA Swasta, SMP Negri/Swasta, MTs Negeri, MTs, Swasta dan SD/MI Negeri/Swasta.

Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus menjadi ajang pertemuan bagi Guru Bahasa Arab se-Sulsel dan wadah Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Arab, yang diselenggarakan oleh Forum-MGMP Bahasa Arab Tingkat Provinsi Sulsel.

Adapun pertemuan dan pelatihan in, diikuti kurang lebih 100 peserta yang kesemuanya merupakan Guru Bahasa Arab. Acara ini juga dihadiri penanggung jawab OBA ke-5 tingkat Provinsi Sulsel, Aminuddin, Lc., LLB Hons. Ketua F-MGMP Provinsi Sulsel Salihuddin, S.Ag.

Momentum ini juga tak luput dihadiri oleh Direktur Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Aisyiyah Gombara Ustaz Drs H Abd Kadir Arif, M.Pd. Kepala kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel yang diwakili oleh DR. H. Rappe, M.Pd selaku Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, yang sekaligus secara resmi membuka acara Olimpiade Bahasa Arab ke-5 ini.

Editor : Redaktur Bidik News