Umat Kristiani dan Islam Hadiri Halal Bihalal Tingkat Kecamatan, Begini Pesan Camat Baktir Kou

333
Usai acara Halal Bihalal Bersama Tingkat Kecamatan Pulau Pura, Umat Kristiani dan Islam saling berjabatan satu dengan yang lain.

BIDIKNEWS.id, Alor – Camat Pulau Pura Baktir Kou, mengajak kepada seluruh umat beragama agar selalu panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kebesaran Allah yang telah memberikan Riski, Kesempatan dan kesehatan ditengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Hal itu Ia sampaikan saat memberikan sambutan pada acara Halal Bihalal Bersama Tingkat Kecamatan Pulau Pura dengan tema “Sucikan Hati, Kukuhkan Persaudaraan dan Tingkatkan Solidaritas di Masa Pandemi Covid-19” di Halaman SD Negeri Latang, Desa Pura Timur, Kecamatan Pulau Pura, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (7/5/2022).

“Dengan mensyukuri anugerah berkat penyertaan dari Allah atas pemeliharaannya terhadap perjalanan kita selama ini, tepatnya pada hari ini kita masih diijinkan untuk merayakan Halal Bihalal Bersama Tingkat Kecamatan Pulau Pura walaupun kita diperhadapkan dengan tantangan dan percobaan yang datang silih berganti,” ucap Camat Pulau Pura di hadapan Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat, Tokoh Pemerintah dan tamu undangan lainnya.

Camat Pulau Pura juga mengajak segenap penghuni negeri ini khususnya di Kecamatan Pulau Pura agar tetap menjaga keamanan, ketertiban, kedamaian serta cinta kasih yang selalu didambakan oleh setiap warga negara untuk tetap dipelihara dan dirawat dengan baik, walaupun dunia dan Bangsa Indonesia masih dilanda dengan Pandemi Covid-19.

Camat Pulau Pura, Baktir Kou saat memberikan sambutan di sela-sela acara Halal Bihalal Bersama Tingkat Kecamatan Pulau Pura tahun 2022.

“Mari kita mendoakan agar negeri ini dan secara khusus daerah tempat kita lahir dan dibesarkan yang masih bergelut dengan virus corona (Covid-19) agar kita tetap kuat dan waspada bertahan dalam melewati tantangan ini dengan tetap berharap pada penyertaan sang khalik yang memberi hidup dan kehidupan,” ajaknya.

“Duka dan derita yang secara beruntun yang kita hadapi lewat berbagai bencana termasuk bencana sosial serta persoalan-persoalan lain yang mengakibatkan linangan air mata, ketakutan, kecemasan, hilangnya titik pertautan dan keseimbangan serta saya juang menjadi bagian dari permenungan dan refleksi iman kita bahwa bagian dari persoalan yang kita hadapi harus dimaknai sebagai berkat dari sang khalik. Untuk itu kejujuran rohani, kejujuran intelektual dan kejujuran persahabatan menjadi modal utama untuk menilai hal-hal yang kayak bagi kehidupan masyarakat di wilayah (Kecamatan Pulau Pura) ini,” ungkapnya.

“Tidak ada hal yang tidak mungkin dan mustahil diubah, jika kita memiliki tekat yang  kuat untuk mengubahnya, Hikmat Akal Budi dan Kebijaksanaan dianugerahkan kepada masing-masing kita untuk berkreasi menciptakan segala hasil ciptaan sang khalik menjadi berkat bagi sesama,” lanjutnya.

Camat Pulau Pura mengungkapkan, Halal Bihalal tahun 2022 ini diperingati dalam suasana yang berbeda seperti kebiasaan sebelumnya yakni dengan meriah, karena adanya Pandemi Covid-19 yang harus membatasi kegiatan beradaptasi dengan kebiasaan baru, kehilangan kesempatan untuk bersilahturahmi dengan keluarga dan sahabat.

Suasana Umat Kristiani dan Islam mengikuti acara Halal Bihalal Bersama Tingkat Kecamatan Pulau Pura, 7 Mei 2022 di Halaman SD Negeri Latang, Desa Pura Timur.

Untuk itu, Mantan Camat Pantar ini mengajak seluruh kaum muslimin agar tidak kehilangan harapan penyertaan dari Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang yang memampukan seluruh umat untuk melampaui segala kecemasan dan kekwatiran.

“Bertranformasi untuk menghadapi masalah-masalah yang sulit, namun kita juga tidak boleh mendiamkan diri, kita harus tetap berusaha baik lahir maupun batin, menjalankan protokol kesehatan dengan sepenuh hati, dengan penuh kedisplinan, menjaga diri, menjaga keluarga dan menjaga para sahabat sehingga terhindar dari Virus Corona (Covid-19),” ucap Baktir.

Selain itu, Camat Pulau Pura menjelaskan bahwa Halal Bihalal Bersama Tingkat Kecamatan Pulau Pura ini harus menjadi puncak bagi tumbuhnya kesadaran baru, momentum untuk introspeksi diri untuk ingat pada sang khalik bahwa manusia haruslah saling mencintai, menjaga dan saling mengasihi sesama.

“Halal Bihalal (Tahun 2022) juga harus menjadi momentum mewujudkan kasih untuk sesama yang menderita, saling tolong menolong, saling peduli dan saling berbagi beban, senantiasa menghadirkan kebaikan bagi bangsa dan negara khususnya di wilayah Kecamatan Pulau Pura. Untuk itu saya berharap Umat Muslim di wilayah ini untuk terus mewujudkan kasih kebaikan untuk membawa semangat baru bahwa kita bisa pulih dan bangkit kembali,” pintanya.

Camat pulau pura menghimbau kepada seluruh stakeholder pemerintahan kecamatan, para kepala desa, lurah dan lapisan elemen masyarakat se-Kecamatan Pulau Pura agar terus membangun wilayah ini dengan melakukan rintisan-rintisan pelayanan walaupun kecil seperti biji sawi tetapi bernilai bagi kemajuan banyak orang guna menebarkan sinar kebajikan, cinta kasih, damai sejahtera, nyata berbuah limpah pada semua orang di sekitar kita seperti dalam sebuah syair “biji ditanam akan menjadi tujuh tangkai dan seratus biji”.

“Hidup ini baik ketika kita bahagia, tetapi jauh lebih baik ketika orang lain bahagia karena kebaikan kita atau sebaik-baiknya seorang manusia adalah manusia yang berguna bagi orang lain,” ucapnya.

“Untuk itu, saya mengajak kita semua wariskan negeri (Kecamatan Pulau Pura) yang karang ini dengan cinta kasih, damai dalam persaudaraan sebagai berkat yang harus dipelihara dalam jiarah hidup kita masing-masing di dunia ini dalam bingkai Tenang Eli Mulenoa, Hur Nu Dar Nu Abang Lelang Ening Rameh,” ajaknya lagi.

Melalui momentum Halal Bihalal Bersama Tingkat Kecamatan Pulau Pura tahun 2022 ini, Camat Pulau Pura optimis bahwa daerah ini mampu sejajar dengan daerah-daerah lain.

“Untuk itu, jauhkan iri hati, perpecahan dan kesombongan. Karena itu semua hanya membawa malapetaka bagi daerah ini. Mari kita hidup di tanah adat ini dengan ketulusan, kedamaian, rendah hati dan senantiasa pasrah kepada Allah, Niscaya Allah akan merahmati karya bakti kita dan negeri ini akan semakin bertumbuh dan menjadi negeri yang Baldatun, Toibatun Warabun Gafur. Kebahagiaan bagi kita semua sebagai pemilik negeri ini. Semua akan terwujud dengan Doa dan kerja nyata serta kemurnian hati, kejujuran dan keikhlasan kita semua,” pintanya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Camat Pulau Pura menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak dan Desa Pura Timur selaku tuan rumah penyelenggara yang telah berjerih lelah dan memberikan dukungan terutama para Kepala Desa, BPD, Para Ketua Majelis Gereja, Para Imam Mesjid, Para Pimpinan UPTD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat dan semua pemangku kepentingan bersama seluruh masyarakat Pulau Pura yang telah memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan wilayah ini dan penyelenggaraan Halal Bihalal Bersama Tingkat Kecamatan Pulau Pura tahun 2022 denga semarak.

Tak lupa pula, Camat Pulau Pura juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tenaga medis, satgas Covid-19, Danposramil, Kapospol, para Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Pulau Pura sebagai garda terdepan dalam penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah Kecamatan Pulau Pura.

“Kiranya kecintaan dan kehendak baik yang dilakukan merupakan pejuang-pejuang kemanusiaan yang tanpa mengenal lelah melawan keganasan wabah (Covid-19) ini kiranya Allah senantiasa memberikan kekuatan dan kesehatan dalam mewujudkan pelayanan yang terbaik bagi setiap jiwa-jiwa yang membutuhkan uluran bantuan melalui keahlian dan profesi yang dimiliki,” tutup Camat Pulau Pura.

Laporan/Editor: Markus Kari