Unik, Pohon Natal dan Kubah Ditempatkan Disamping Panggung Halal Bihalal di Pura (Alor)

506
Ustadz Umar Boling, SH saat menyampaikan hikmah Halal Bihalal Bersama Tingkat Kecamatan Pulau Pura tahun 2022. Tampak disisi kiri dan kanan panggung, berdiri kubah dan pohon natal melambangkan kebersamaan, persaudaraan dan solidaritas masyarakat pulau pura.

BIDIKNEWS.di, Alor - Pemerintah Kecamatan Pulau Pura merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1443 dengan Halal Bihalal Bersama Tingkat Kecamatan Pulau Pura bertempat di lapangan SD Negeri Latang, Desa Pura Timur, Kecamatan Pulau Pura, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (7/5/2022).

Halal Bihalal dengan tema "Sucikan Hati, Kukuhkan Persaudaraan dan Tingkatkan Solidaritas di Masa Pandemi Covid-19" ini diikuti oleh seluruh masyarakat dan stalkholder pemerintahan maupun instansi se-Kecamatan Pulau Pura dengan ramah, harmonis dan penuh makna.

Turut hadir Anggota DPRD Kabupaten Alor Dapil IV Walter M. M Datemoli, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Alor Yustus Dopong Abora, SP, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Alor Daud Dolpaly, SH, Danposramil Kecamatan Pulau Pura dan Anggota Babinsa TNI Kodim 1622/Alor, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Adat.

Saling bergandengan tangan melambangkan ucapan selamat dan mohon maaf lahir dan batin di hari raya Idul Fitri.

Camat Pulau Pura, Baktir Kou dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan profiact kepada panitia pelaksana khususnya Ketua Panitia atas terselenggaranya acara Halal Bihalal Idul Fitri Tingkat Kecamatan Pulau Pura tahun 2022 dengan sukses.

"Negeri (Pura) ini jangan melihat sebagian kita yang ada ini karena Tua (umur) sehingga mengabaikan yang Tua, tidak. Ini Beliau (Ketua Panitia Pelaksana Halal Bihalal) kita pilih karena untuk mempersiapkan segala persiapan untuk penyelenggaraan ini. Dalam keterbatasan, bisa merangkul, mendesain semua yang ada kita nikmati sekarang," ungkap Camat Pulau Pura dihadapan para tamu undangan Halal Bihalal Idul Fitri Tingkat Kecamatan Pulau Pura tahun 2022.

Selain itu, dalam kesempatan acara Halal Bihalal Idul Fitri Tingkat Kecamatan Pulau Pura tahun 2022, Beliau menyampaikan ucapan Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Sementara itu Kepala Desa Pura Timur Damianus Djahamow saat ditemui Bidik News disela-sela agenda ramah tamah mengatakan pendudukan Desa Pura Timur yang penduduknya beragama Kristen.

"Di desa Pura Timur ini (penduduk) semuanya beragama Kristen, hanya 1 rumah tanggal yang beragam Islam. Namun, kita sebagai warga jemaat (Kristen) berkomitmen untuk menyambut Halal Bihalal yang sudah ditentukan lokasinya di Pura Timur. Kita mulai bekerja dari tanggal 4 dan finisnya tanggal 6 tadi malam dan Puji Tuhan semuanya berjalan dengan lancar karena dukungan dari masyarakat, RT/RW dan bapak dusun termasuk bapak Camat (Pulau Pura) dan juga semua panitia pelaksana," katanya.

Ada yang unik dalam acara Halal Bihalal Idul Fitri Tingkat Kecamatan Pulau Pura tahun 2022 yaitu disisi kiri dan kanan panggung ada pohon natal dan kubah dipajang. Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Pura Timur Damianus Djahamow menyampaikan, hal itu merupakan cerminan cinta dan kasih sesama umat beragama.

"Supaya orang yang datang melihat bahwa kebersamaan (di Kecamatan Pulau Pura) itu ada ditandai dengan pohon natal dan kubah agar persaudaraan dan solidaritas tetap berjalan dengan," ungkapnya.

Acara Halal Bihalal Bersama Tingkat Kecamatan Pulau Pura tahun 2022 diisi dengan pesan hikmah oleh Ustadz Umar Boling, SH, Puji-Pujian dari VG GMIT Tiberias Malal, Ebenhaezer Apuri, Elim Dadibira, Warabu Harilolong dan Grup Qasidah.

Laporan/Editor: Markus Kari