Warga Biring Bulu Minta Pendampingan DPW BAIN HAM RI Sulsel Untuk Laporkan Polsek Biring Bulu dan Polres Gowa ke Polda Sulsel. Ada Apa?

9

Warga Kelurahan Tonro Rita. H. Syafaruddin, SE pada Selasa, 15/10/19 mendatangi kantor Dewan Perwakilan Wilayah Badan Advokasi Investigasi HAM  (DPW BAIN HAM RI) Sulsel yang beralamat di Perumahan Bumi Pesona Pelangi, Jln. Kuning, Hertasning Baru. 

H. Syafaruddin, SE yang merupakan korban atas insiden 2 tahun lalu itu sebenarnya sudah melapor ke Polsek Biring Bulu dengan LP Nomor 21 THN 2017, Namun karena tidak ada upaya penyelesaian dari Kepolisian Sektor setempat, kasus itupun terus bergulir, hingga berujung pada pengrusakan lahan dan teror pembunuhan yang kerap dilakukan oleh terlapor. 

Pada 2018, H. Syafaruddin, SE kembali mepalor ke Polres Gowa, dengan LP Nomor LP-B/419/IX/2018/SPKT Tertanggal 30 September 2018.  karna tidak ada upaya hukum di Polsek Biring Bulu. Namun lagi lagi di Polres Gowa malah melimpahkan Ke Polsek yang notabene tidak beres dalam menerima laporan warga ini. Akhirnya di Polsek Biring Bulu, Kasus inipun lenyap lagi seperti pelaporan sebelumnya.

Merasa superior di Biring Bulu, Pelaku kembali beraksi di 2019 dengan korban yang sama. Korban dianiaya dan diancam bunuh. Bahkan Pemerintah setempat, dalam hal ini Kepala lingkungan terlibat dalam pengancaman terhadap pelapor. Sampai pada hari Minggu, 13/10/19 H. Syafaruddin kembali menerima ancaman, bahkan pelaku membabi buta menyerang hingga Istri teman H. Syafaruddin terluka dan dilarikan ke Polda Sulsel untuk melaporkan insiden tersebut.

Sebelum beranjak ke Makassar untuk melapor ke Polda Sulsel, Korban sudah ke Polsek Biring Bulu, namun Polsek dalam keadaan tutup, tak satupun Anggota yang piket jaga disana. Momen ini kemudian diabadikan dengan kamera handphone  salah seorang warga yang minta dirahasiakan namanya. 

Di DPW BAIN HAM RI, Pelapor mengeluhkan pelayanan kepolisian yang diberikan oleh Polsek Biring Bulu dan Polres Gowa yang dinilainya nihil.
“Saya heran pak, kasus ini sebenarnya sudah 2 tahun berjalan, tapi seolah diacuhkan oleh Polsek Biring Bulu dan Polres Gowa”. Tutup H. Syafaruddin di kantor DPW BAIN HAM RI SULSEL.