Warga Keluhkan BLT Desa Bangka Kantar Tahap 2 dan 3 Belum Cair. Kades: Sudah Terlanjur Bangun Fisik

272

BIDIKNEWS.id, Manggarai Timur- Warga Desa Bangka Kantar, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, mengeluh Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap 2 pada Bulan Juli, Agustus, September dan tahap 3 Bulan Oktober, November dan Desember belum dicairkan. Padahal, hampir semua Desa tetangga di wilayah Kecamatan tersebut BLTnya sudah dibagikan.

"Hanya tahap satu yang sudah dicairkan. Sisanya belum. Selama ini kami mengeluh di kantor desa tetapi jawaban pihak desa tidak jelas," ungkap Yohanes, warga Desa Bangka Kantar, saat ditemui Bidik News di kediamannya, Selasa (24/11/2020).

Sementara itu, Silverius Mediator Rawan, Kepala Desa Bangka Kantar, saat dihubungi Bidik News, Via telepon membenarkan pihaknya belum membagikan BLT tahap Dua dan Tiga.

Ia menyebutkan, BLT tahap Dua sebesar 20 %, masih dalam tahap pengajuan. Sementara untuk tahap Tiga, Dana tersebut sudah terlanjur bangun fisik.

"Tahap dua masih pengajuan dan nanti akan dibagikan. sementara dana untuk tahap tiga, kita sudah terlanjur pakai bangun fisik," tandas Silverius.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Manggarai Timur, melalui Kepala Bidang Pembangunan Desa, Ismail Jehada, menyebutkan bahwa pihaknya akan mengecek kembali data yang ada sebelum memanggil sang kades untuk memberikan klarifikasi.

"Saya cek dulu kebenarannya. Kita tidak peduli entah dia mau bangun fisik atau tidak. Paling penting dia harus bayar haknya masyarakat," ujar Kabid Jehada.

Untuk diketahui, perubahan yang mengatur tentang penambahan jangka waktu bantuan langsung tunai Desa tertuang dalam Permendesa PDTT 14 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Permendesa PDTT 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Perubahan tersebut dikarenakan perkembangan yang ada dalam menghadapi Pandemi COVID-19 yang berlarut-larut dan berkepanjangan.

Laporan: Biro NTT_Nardi Jaya
Foto       : Ilustrasi