Warga Lembata dan Alor Terima Paket Bantuan Seroja Dari Bupati Lutim dan Paguyuban Flobamora, Bupati Amon: Ini Mujizat

117
Penasehat Paguyuban Flobamora Luwu Timur, Nusrawati Muller (kedua dari kanan) saat menyerahkan bantuan kemanusiaan Pemkab Luwu Timur yang diterima oleh BPBD Kabupaten Lembata (kedua dari kiri).

BIDIKNEWS.id, Alor - Bupati Alor Drs. Amon Djobo dan Bupati Lembata Thomas Ola melalui Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Luwu Timur, Sulawesi Selatan atas bantuan kemanusiaan kepada warganya yang terdampak Badai Siklon Tropis Seroja pada April lalu.

Demikian yang disampaikan Sekretaris Paguyuban Flobamora Luwu Timur, Lomboan Djahamou saat diwawancarai Bidik News yang merupakan Media Partner aksi kemanusiaan ini, Kamis (25/11/2021).

Ketua Paguyuban Flobamora Luwu Timur melalui Sekretarias Lomboan Djahamou mengatakan, distribusi bantuan Pemkab Lutim sepenuhnya dipercayakan Bupati Luwu Timur, Drs. H. Budiman, M. Pd kepada Paguyuban Flobamora Luwu Timur ke wilayah terdampak Badai Siklon Tropis Seroja pada April lalu di Nusa Tenggara Timur.

Advertise

Sebelumnya Utusan Pemkab Lutim bersama Paguyuban Flobamora Luwu Timur telah menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk wilayah Alor yang diterima secara langsung oleh Bupati Alor Drs. Amon Djobo di Rujab Bupati Alor, Kalabahi, Sabtu 20 November beberapa hari lalu.

"(Distribusi) bantuan kami ke Alor dan Lembata berjalan dengan baik," kata Lomboan.

"Bantuan kami itu ada 2000 paket. 1000 paket kettel air minum (3 L) dan 1000 paket obat (kesehatan) sehari-hari," lanjutnya.

Disampaikan Sekretaris Paguyuban Flobamora Luwu Timur, Bupati Drs. H. Budiman, M. Pd memberikan amanah kepada Utusan Pemkab Lutim dan Paguyuban Flobamora Luwu Timur yang mengantarkan bantuan ke NTT untuk disampaikan kepada pemerintah setempat dan masyarakat terdampak Badai Seroja pada April lalu.

"Sebelum kami berangkat, Bupati Luwu Timur (Drs. H. Budiman, M. Pd) menyampaikan, semoga bantuan yang tidak seberapa nilainya ini, tetapi paling tidak bisa memberikan rasa simpati dan empati kepada masyarakat korban (terdampak) Bencana Seroja (April lalu)," ungkap Sekretaris Paguyuban Flobamora Luwu Timur.

Foto bersama Utusan Pemkab Lutim, Paguyuban Flobamora dan rombongan bersama Bupati Alor dan Pejabat terkait.

Lomboan mengatakan jumlah total bantuan yang diterima dari Bupati Luwu Timur kurang lebih 130 juta yang dibelanjakan 1000 kettel air minum dan 1000 obat (kesehatan) sehari-hari.

Sekretaris Paguyuban Flobamora Luwu Timur juga menyampaikan ucapan terima kasih dari Bupati Alor Drs. Amon Djobo. Dia mengatakan, akan memberikan pesan masyarakat Alor melalui Bupati Alor baik secara tertulis maupun lisan kepada Bupati Luwu Timur Drs. H. Budiman, M.Pd.

"Bupati Alor sangat berterima kasih karena Bupati bilang kami hadir saja Bupati sudah senang, apalagi kami hadir membawa bantuan (Seroja). Bupati Alor mengatakan dengan tegas dan jelas bahwa belum tentu kalau ada bencana di Luwu Timur, kami pemerintah daerah juga memberikan bantuan kepada saudara-saudara kami (khususnya) NTT-Alor yang ada di Luwu Timur. Jadi ini merupakan Mujizat bagi kami yang kesekian kalinya kami terima di Alor," ucap Lomboan.

"Kenapa kami juga serahkan langsung ke pemerintah! Karena kami tau bahwa ikut tahapan mekanisme berbangsa dan bernegara yang baik adalah semua bantuan itu harus kita serahkan kepada Bupati, baru Bupati juga menyalurkan sesuai dengan mekanismenya. Karena kami juga tidak langsung dari person ke person. Karena kami juga tidak mau ke Anggota DPRD. Kami tidak mau menggunakan partai politik tertentu atau golongan tertentu, karena ini murni pekerjaan kemanusiaan. Karena kami juga dibantu oleh pemerintah daerah Luwu Timur, maka kami harus mengikuti (prosedur) pemerintah kabupaten Alor" tandasnya.

Bupati Lembata Thomas Ola melalui Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lembata, kata Lomboan, juga mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya dan terima kasih yang sedalam-dalamnya untuk kepedulian keluarga besar Flobamora di Luwu Timur dan juga Bupati Luwu Timur setelah menerima bantuan kemanusiaan dari Paguyuban Flobamora Luwu Timur pada Selasa, 23 November 2021.

"Ini sesuatu hal yang luar biasa, diluar dari pemikiran dan dugaan mereka (Pemkab Lembata) yang mereka tidak pikir-pikir, tiba-tiba ada Paguyuban Flobamora dan Utusan Bupati Luwu Timur yang peduli kepada saudara-saudara yang kena (terdampak) bencana Seroja kemarin di Lembata. Mereka (Pemkab Lembata) terima kasih dan semoga pekerjaan kemanusiaan ini, pertalian persaudaraan ini, walaupun kita jauh, satu di Luwu Timur, sebagian di Lembata, Alor, Flores, kita tetap saling menjaga tali persaudaraan yang sudah ada," ujar Lomboan.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Flobamora Luwu Timur melalui Sekretaris Lomboan Djahamou menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang bergandengan tangan membantu warga Nusa Tenggara Timur yang terdampak Badai Seroja pada April lalu.

Lomboan berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Badai Seroja.

"Atas nama Paguyuban Flobamora (Luwu Timur) juga, kami ucapkan terima kasih kepada Bupati Luwu Timur atas segala kepedulian dalam membimbing, menasehati bahkan mendukung semua perjalanan, pencarian dana selama kami melakukan pengumpulan dana untuk membantu saudara-saudara kami yang terkena bencana. Kami juga terima kasih kepada PT VALE - PT CLM dan semua Pelaku Usaha yg telah ikut berkontribusi membantu, kepada semua dinas di kabupaten Luwu Timur khususnya Dinas Pendidikan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Luwu Timur. Kami sangat berterima kasih karena mereka adalah tangan kanan Bupati Luwu Timur yang berjuang bersama kami mengumpulkan dana. Dan juga terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua keluarga besar Flobamora Luwu Timur yang sudah berpartisipas, karena dana yang kami kumpulkan ini juga datangnya dari segala kerelaan masing-masing keluarga besar Flobamora di Luwu Timur," ungkap Lomboan.

"Semoga bantuan berupa kettel air minum ini bisa digunakan pakai masak air panas (kopi, teh), paling tidak meringankan beban sedikit. Dan juga paket obat-obatan sehari-hari yang sudah kami berikan, semoga bermanfaat untuk semua keluarga yang terdampak dari badai Seroja (April lalu) ini," harap Sekretaris Paguyuban Flobamora Luwu Timur.

Sementara itu, Nusrawaty Muler selaku Penasehat Paguyuban Flobamora Luwu Timur pun senada dengan Amanah Bupati Luwu Timur untuk disampaikan kepada pemerintah setempat maupun masyarakat terdampak Badai Seroja.

"Ibu Nusrwati saat memberikan bantuan menyampaikan, tolong jangan lihat nominal dan jumlah biaya. Karena mungkin tidak seberapa. Tapi Lihatlah nilai Silahturahmi Persaudaraan," kata Lomboan.

"Semoga bantuan ini sedikit membuat senyum kepada seluruh keluarga korban yang mendapatkan paket Bantuan dari kami keluarga Flobamora Kabupaten Luwu Timur," harapnya.

Tak lupa pula, Lomboan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada awak media baik media lokal maupun regional yang turut berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan ini.

"Terima kasih juga teman-teman wartawan di Alor yang sudah menemani kami selama kegiatan (kemanusiaan) kami ucapkan terima kasih, khususnya Bidik News (Media Partner) yang ada di Sulawesi Selatan.

Turut Hadir Suami Ibu Nusrawati Muller selaku Penasehat Paguyuban Flobamora Luwu Timur, Pak Bambang yang juga Divisi External PT CLM (Citra Lumpia Mandiri), Ketua Paguyuban Flobamora Luwu Timur Petrus Muat dalam penyaluran bantuan kemanusiaan ini.

Laporan: Markus Kari
Editor: Markus Kari