Yuvensius : Dokumen Pemilihan BPD Sano Lokom Semuanya fiktif

316

Manggarai Timur, bidiknews.id – Yuvensius Rabu, Mantan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sano Lokom menyebutkan, semua dokumen terkait pemilihan BPD Sano Lokom, Kecamatan Rana Mese, yang saat ini berada di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) semuanya fiktif.
Hal tersebut dikarenakan tidak adanya pemilihan BPD secara langsung oleh warga dari Dua Dusun yakni Dusun Rembong dan N’taur.

Ditemui Bidik News, Minggu (13/9/2020), Pria berbadan tegap tersebut menyesalkan sikap Dinas PMD Matim yang memediasi persoalan tersebut belum lama ini, tanpa ada hasil dan kesepakatan yang jelas. “Kami kecewa karena mediasi di Kantor Dinas PMD, tanpa ada kesepakatan jelas. dokumen pemilihan tersebut dibilang lengkap sementara semua itu rekayasa. Tidak ada pemilihan BPD secara langsung di Dusun N’taur dan Rembong,” jelas Yuvensius.

Dia menuturkan, Pernyataan Camat Rana Mese, Maria Anjelina Teme yang menegaskan pemilihan BPD sudah memenuhi Prosedur dan meminta Dinas PMD harus segera melantik, sangat tidak beralasan. “Regulasi terkait pemilihan BPD sudah jelas tertuang dalam peraturan Pemerintah No 110 tahun 2016 dan turunannya PERDA No 6 tahun 2017 yang menegaskan pemilihan BPD harus dilakukan secara langsung,” pungkasnya.

Advertise

Baca Juga

Sebelumnya diberitakan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Manggarai Timur, NTT, menilai proses pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sano Lokom, Kecamatan Rana Mese sudah memenuhi prosedur yang berlaku. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya dokumen tahapan mulai dari SK pembentukan kepanitiaan sampai dengan penetapan. Kepala Dinas PMD melalui Kepala Bidang Pemrintahan Desa, Marselus Manggas, mengatakan hal tersebut saat berdiskusi terkait pengaduan warga mengenai pemilihan BPD Sano Lokom yang menurut warga pengadu tidak transparan, tanpa melalui proses demokrasi.

Senada, Maria Anjelina Teme, Camat Rana Mese, menuturkan pemilihan BPD yang telah berlangsung sudah memenuhi kriteria dan SOP. “Sebenarnya tidak ada persoalan. Saya minta agar nama-nama tersebut tetap dilantik,” pintanya kepada pihak DPMD, Rabu 9 September lalu. Informasi yang diperoleh Bidik News, warga akan mengadu persoalan yang sama di Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Timur.

Laporan : Biro NTT _ Nardi Jaya, S. Pd.
Editor : Redaktur Bidik News